hero
Petugas membongkar saung Lapas Sukamiskin. (Istimewa)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

25 Juli 2018, 14:30 WIB

BANDUNG, INDONESIA

Satuan Tugas Kamtib Gabungan Lapas dan Rutan se-Jawa Barat membongkar saung-saung di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin. Pembongkaran dimulai sejak Selasa kemarin dan berakhir Rabu, dini hari hari, 25 Juli 2018.

Dari pantauan NET, Rabu siang, beberapa alat berat masuk ke dalam lapas untuk membersihkan sisa saung. Beberap mobil bak terbuka juga tampak membawa puing-puing bekas saung dan gazebo yang menjadi fasilitas 'mewah' para napi koruptor itu.

"Tadi hitungan saya ada 32 saung," kata Pelaksana Tugas Kakanwil Kementerian Hukum dan Ham Jawa Barat Dodot Adi Koeswanto usai pembongkaran di Lapas Sukamiskin, Rabu dini hari.

Alat berat memasuki Lapas Sukamiskin untuk membersihkan saung yang dibongkar sejak Selasa kemarin. (NET/Anggi Putra)

Menurut Dodot, saung tersebut memang tidak sesuai dengan peruntukkannya. Dodot mengatakan saung bukan fasilitas dari pihak Lapas.

Menurut dia, saung dibuat atas inisiatif napi-napi koruptor. "Yang membuat saung warga bianan sendiri, atas dana mereka sendiri," kata dia.

Pembongkaran saung, lanjut Dodot, adalah langkah penataan dan penertiban kembali kondisi Lapas Sukamiskin. "Jadi kami lakukan agar apa yg menjadi anggapan dari publik bahwa ada keistimewaan di dalam lapas ini kami hilangkan," kata dia.

Proses pembongkaran saung yang dibangun napi di Lapas Sukamiskin. (Istimewa)

BACA JUGA: AC, Kulkas, dan TV Ditemukan dalam Kamar Napi Lapas Sukamiskin

Dodot tidak mengetahui sejak kapan saung mulai berdiri. Selama ini, menurut dia, saung dipergunakan napi untuk menerima kunjungan. Padahal seharusnya napi menggunakan ruang besuk yang disediakan laps.

Pembongkaran saung dilakukan seusai OTT KPK terhadap Kalapas Sukamiskin. KPK juga menggeledah sel di lapas dan menemukan fasilitas di dalamnya. Selain itu, pembongkaran juga atas perintah Dirjen PAS Kemenkumham.

ANGGI PUTRA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments