hero
Kali Item. (ANTARA/Hafidz Mubarak A)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

24 Juli 2018, 12:30 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Pemasangan jaring di Kali Sentiong atau yang biasa dikenal dengan Kali Item disorot media asing. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, berita tersebut mengikuti pemberitaan-pemberitaan media nasional.

"Tentu, karena diberitakan oleh media nasional. Jadi, media internasional itu hanya mengambil dari media lokal," kata Anies di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa, 24 Juli 2018.

Kali Item yang telah ditutup jaring di dekat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/7). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup Kali Item menggunakan jaring hitam untuk mengurangi bau tidak sedap dari kali tersebut. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Menurut Anies, saat Asian Games 2018, media memiliki banyak pilihan untuk memberitakan berbagai sisi. Pilihan media nasional itu nantinya akan diikuti media internasional. 

"Bila teman-teman mengambil sisi suram, maka itulah yang akan diikuti diambil oleh media internasional. Bila media lokal ambil sisi cerah, itu pula yang akan diambil," kata Anies.

Anies meminta media untuk memberitakan hal positif tentang Asian Games 2018 dan Indonesia. "Kalau saya, mari kita tunjukkan Indonesia yang positif, Indonesia yang baik," kata dia.

Petugas membersihkan Kali Item yang tertutup  kain waring atau jaring di kawasan Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/7). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

BACA JUGA: Aroma Tak Sedap, Kali Sentiong Ditutup Jaring

Sebelumnya, Pemprov DKI memasang jaring atau kain waring untuk menutupi Kali Item di belakang Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Tujuannya untuk mengurangi pemandangan dan bau tak sedap yang menguap dari kali.

Media asing yang mengulas cerita Kali Item adalah Channel News Asia. CNA menaikkan artikel dengan judul "Jakarta covers up 'stinky, toxic' river near Asian Games village".

TIM LIPUTAN

 

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments