hero
(BRIGHTSIDE)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

18 Juli 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa dua orang dengan kepribadian berbeda bisa jadi sahabat dekat. Dan mengapa dua orang dengan kepribadian yang sama justru kerap jadi musuh bebuyutan?

Nah, kali ini ada sebuah tes yang bisa jadi salah satu percobaan untuk mengenali seperti apa kepribadianmu sendiri. Yang harus dilakukan hanyalah menjawab pertanyaan sederhana setelah melihat gambar ini:

Siapa yang memecahkan vas? (BRIGHTSIDE)

Pertanyaannya adalah, siapa yang memecahkan vas? Enggak ada petunjuk atau elemen definitif apa pun dalam gambar yang akan mengungkapkan jawabannya kepada kamu.

Perlu diingat, enggak ada jawaban yang benar maupun salah. Namun, kamu harus memilih salah satu, dan dari pilihan itulah kamu akan membaca kepribadianmu sendiri. 

1Anak A

Anak A. (BRIGHTSIDE)

Anak A tampaknya bisa menjadi pilihan yang paling jelas. Posisi kepalanya yang menduduk menyiratkan penyesalan atas tindakannya. Namun, bisa jadi ia merupakan anak yang selalu disalahkan alias sering menjadi kambing hitam dalam kelompoknya.

Mungkin juga anak A dalam gambar itu diilustrasikan demikian untuk membuat kamu percaya bahwa dialah pelakunya, meski kenyataannya bukan. Kembali lagi, enggak ada jawaban benar atau salah dalam tes ini.

Jika kamu memilih anak A sebagai pelaku, sepertinya kamu adalah tipe orang yang detail dan bertanggung jawab. Kamu sangat berhat-hati terhadap segala sesuatu dan semua orang di sekitarmu. Bagaimana kalau anak lain yang jadi pilihanmu? 

2Anak B

Anak B. (BRIGHTSIDE)

Dari gambar, anak B tampak seperti anak perempuan yang tertua dan mengayomi adik-adiknya. Dari cara ia menatap anak A, ia tampak yakin kalau A lah pelakunya.

Ada kemungkinan senyum anak ini merupakan senyum kemenangan karena berhasil menjadikan adiknya sebagai kambing hitam. Tapi, bisa juga tatapan itu merupakan bentuk penghiburan dan perhatian, tersenyum tanpa menghakimi.

Kalau kamu memilih anak B sebagai pelaku, kamu juga termasuk tipe orang yang sangat berhati-hati. Kamu memegang prinsip harus memahami seseorang terlebih dahulu sebelum menilai mereka demi keadilan.

Di saat yang sama, kamu tetap mampu menghibur dan memberi perhatian pada orang yang membutuhkannya. Kamu bukan tipe orang yang meninggalkan teman saat dalam kesulitan dan justru berusaha memahaminya secara rasional, serta berusaha memberi solusi. Lalu, bagaimana kalau kamu memilih anak C?

3Anak C

Anak C. (BRIGHTSIDE)

Bisa dibilang, anak C menjadi yang paling sulit untuk ditebak. Bahasa tubuhnya dalam gambar tersebut cukup misterius bukan?

Lihat bagaimana ia menyimpan tangannya dalam saku seolah-olah sedang mencoba menyembunyikan emosinya. Mungkin kamu akan berpikir si anak C berusaha menunjukkan ekspresi datar agar lolos dari tuduhan.

Kalau pilihanmu adalah anak ini dan berpikir dengan kecurigaan seperti tadi, itu menunjukkan kalau kamu tipe seorang pemimpin. Kamu dapat mengenali masalah yang diciptakan oleh orang lain, bukan oleh keadaan.

Itu sebabnya, kamu selalu berhati-hari dengan orang sekitarmu meski enggak selalu kamu tunjukkan. Kamu yakin dapat memimpin dan juga sering mengeluarkan pendapat unik dalam setiap topik pembicaraan. Nah, bagaimana dengan anak terakhir? Apakah kamu memilih anak D?

4Anak D

Anak D. (BRIGHTSIDE)

Dari gambar, terlihat anak D mendekati ibunya sambil menggenggam celemeknya. Posisi itu menunjukkan bahwa dia kemungkinan besar takut akibat vas yang rusak dan konsekuensi yang akan diterima jika dia pelakunya.

Namun, jika kamu jeli, dia satu-satunya anak yang melihat ke arah vas, selain ibunya. Putri kecil itu bersembunyi di dekat ibunya, tampak seperti berusaha menghindari kemarahan dan hukuman.

Dari sudut pandang psikologis, memilih anak D membuktikan bahwa kamu adalah orang yang bertanggung jawab dan dapat diandalkan. Itu adalah salah satu kualitas pribadi yang membuatmu sukses dalam segala hal yang dilakukan dalam hidup.

Setiap hari kamu berusaha untuk menjadi orang yang lebih baik, selalu mencegah mengulangi kesalahan dan kekurangan. Kamu mempercayai orang lain dengan mudah dan itu sebabnya kamu orang yang juga sangat sensitif.

Nah, kalau kamu merasa cocok dengan tes ini, coba deh share ke teman-teman dekatmu. Tes psikologi ini bisa jadi salah satu petunjuk apakah teman-teman terdekatmu punya kepribadian yang sama atau justru berbeda darimu. Selamat mencoba!

 

BRIGHTSIDE| WIKIPEDIA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments