Fotomodel Steffy Fanny Burase memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi untuk penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi dana otonomi khusus (otsus) Aceh yang menyeret Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf. Fanny datang sekitar pukul 09.30 WIB mengenakan busana dan kerudung serba hitam. Perempuan muda asal Manado ini langsung duduk di ruang tunggu Gedung KPK. 

Selang setengah jam kemudian, dua orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka korupsi dana otsus Aceh yaitu Irwandi Yusuf dan Saiful Bahri, juga tiba di Gedung KPK. Irwandi terlihat menyempatkan diri berkomunikasi dengan Steffy. Sekitar 10 menit, Irwandi kembali meninggalkan Gedung KPK dengan mobil tahanan menuju rutan KPK di kawasan Guntur, Jakarta.

Steffy dimintai keterangan oleh penyidik KPK terkait dugaan korupsi pengalokasian dan penyaluran dana otonomi khusus Aceh yang menyeret Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf dan Bupati Bener Meriah Ahmadi.

BACA JUGA:
Irwandi Yusuf, Dari Medan Gerilya ke Rutan KPK
Pasang Surut Hidup Irwandi Yusuf

Sosok Steffy belakangan menjadi sorotan publik. Namanya masuk dalam daftar orang dicekal KPK ke luar negeri. Selain Fanny, KPK juga mencekal Nizarli (Kepala Unit Layanan Pengadaaan/ULP Aceh), Rizal Aswandi (pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Aceh), dan Teuku Fadhilatul Amri. Pencekalan berlaku selama enam bulan terhitung sejak Jumat 6 Juli 2018.

Steffy sendiri, diketahui terlibat di event Aceh Marathon 2018 yang dihelat Pemprov Aceh. Steffy merupakan salah seorang tenaga ahli pada ajang bertaraf internasional yang rencananya akan digelar 29 Juli ini. KPK kini sedang mendalami aliran dana dalam kasus dugaan korupsi Dana Otonomi Khusus Aceh tahun anggaran 2018. Hal itu jadi salah satu alasan pencekalan Steffy ke luar negeri.

KPK sendiri telah mengantongi bukti dugaan suap untuk Gubernur Aceh Irwandi Yusuf sebesar Rp 500 juta bagian dari Rp 1,5 miliar dari Bupati Bener Meriah di antaranya digunakan untuk biaya medali dan pakaian kegiatan Aceh Marathon 2018.

Steffy merupakan mantan pramugari, namanya relatif belum dikenal di jagat dunia hiburan. Meski demikian, ia pernah memainkan peran di dalam video klip Langit Bumi Wali Band. Seperti apa sosok Steffy Fanny Burase, kami bingkai foto-fotonya dalam galeri di atas.  

TRI ISWANTO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments