hero
(ALEX FERGUS)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

17 Juli 2018, 07:50 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Kamu lagi mengalami sulit tidur karena stres ujian? Atau memang sedang stres, banyak masalah yang dipikirkan. Sepertinya kamu harus coba metode yang satu ini. Yup, Nama metodenya  “478", dan langkahnya simpel banget.

1Inhale selama 4 detik

Inhale selama 4 detik. (EDUPICS)

Pertama, tarik nafas seperti biasa lewat hidung selama 4 detik. Kemudian, tahan nafas selama 7 detik. Terakhir, buang nafasmu secara perlahan selama 8 detik.  Coba ulangi ketiga langkah ini, dan rasakan efeknya setelah satu menit kemudian. Kamu akan merasa lebih tenang, dan siap untuk tertidur pulas.

2Tahan Nafas Selama 7 detik

Tahan Nafas Selama 7 detik. (NEW SCIENTIST)

Ada alasan mengapa metode ini bisa ampuh bikin kamu lebih mudah tidur. Jadi, saat stres atau cemas melanda, adrenalin dalam darah meningkat dan ritme nafas jadi lebih cepat.

3Exhale selama 8 detik.

Exhale selama 8 detik. (EDUPICS)

Nah, latihan nafas ini memberi efek samping yang sama dengan obat penenang. Ini bisa membuat aktivitas sistem syaraf pusat menurun, dan rasa cemas pun menghilang. Menurut dokter medis Harvard, Andrew Weil, metode "478" ini memang sudah berabad-abad digunakan oleh ahli yoga Indian.

4Kamar yang bersih dan nyaman

Kamar yang bersih dan nyaman. (BRIGTHSIDE)

Selain latihan nafas, pastikan juga kalau tempat tidur kamu rapih dan bersih, ya! Tempat tidur yang nyaman akan membuat kamu tertidur lebih cepat dan nyenyak. Selamat mencoba ya!

 

BRIGHTSIDE| EXPRESS

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments