hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

17 Juli 2018, 15:45 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Juru Bicara Presiden Joko Widodo, Johan Budi maju sebagai calon dalam Pemilu Legislatif 2019. Bekas Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi itu maju dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengonfirmasi rencana Johan Budi tersebut. Bahkan, kata Pramono, Presiden Jokowi telah memberikan izin kepada Johan.

"Pak Johan Budi telah meminta izin dari Pak Presiden, Presiden telah memberikan izin," kata Pramono di kantornya, Jakarta, Selasa, 17 Juli 2018.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (NET/Irez Anggraeni)

Pramono menjelaskan, Presiden memberikan izin dengan alasan kebutuhan, baik itu dari PDI Perjuangan maupun oleh Johan sendiri. Menurut Pramono, pencalonan tersebut adalah tawaran dari partai

"Pak Johan Budi bukan yang mengajukan, tetapi ini ada tawaran," kata dia.

Menurut Pramono, Johan Budi mempunyai kedekatan dengan PDI Perjuangan. Bahkan internal PDI Perjuangan pernah mengusulkan Johan Budi maju sebagai calon gubernur atau calon wakil gubernur Jawa Timur menjelang Pilkada lalu.

"Suara-suara itulah yang kemudian ditangkap oleh struktural partai," tutur Pramono.

Juru Bicara Presiden Johan Budi (kanan) saat mendampingi Presiden Jokowi, Desember 2017 lalu. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Pramono menambahkan, Johan Budi akan maju sebagai caleg dari daerah pemilihan Jawa Timur. Hingga kini, Johan Budi belum memberikan konfirmasi.

Sebelum menjadi Juru Bicara Presiden Jokowi, Johan Budi lama berkiprah di KPK. Ia pernah menjadi juru bicara KPK. Sempat juga menjadi Pelaksana tugas (Plt) pimpinan KPK saat Abraham Samad dan Bambang Widjojanto terjerat kasus hukum.

IREZ ANGGRAENI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments