hero
Mantan kiper Timnas Indonesia Kurnia Sandy. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

17 Juli 2018, 16:25 WIB

INDONESIA

Mantan penjaga gawang Tim Nasional Indonesia Kurnia Sandy mendaftar sebagai calon legislatif di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sandy ikut nyaleg lewat Partai Amanat Nasional.

Kiper legendaris era tahun 90-an itu punya visi dan misi ikut meramaikan bursa calon legislatif di Sidoarjo. Yang paling utama adalah dia ingin memperbaiki pembinaan sepak bola di daerahnya.

Kurnia Sandy. (ISTIMEWA)

 

"Di Sidoarjo ada turnamen (Piala AFF) U-19 dan U-16 di Sidoarjo," ujar Kurnia, saat mendaftar ke KPU Kabupaten Sidoarjo, Selasa, 17 Juli 2018. "Fasilitasnya ada bagus, tapi sepak bolanya, (Sidoarjo) tidak punya tim. Itu yang mendorong pencalonan ini."

Kurnia bisa dibilang kiper legendaris yang dimiliki Indonesia di tahun 90-an. Kiprahnya sebagai penjaga gawang disorot dunia. Pada perhelatan Piala Asia tahun 1996, keberaniannya jadi perhatian saat mempertahankan gawang Indonesia VS Kuwait.

Di tahun itu juga, Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) membuat program yang diberi nama PSSI Primavera. Mereka mengirimkan pemain muda terbaik Indonesia ke Italia untuk berlatih.

Foto Kurnia Sandy bersama Sampdoria. (FACEBOOK/Fendy Kurniawan)

Kurnia Sandy pada saat itu dipercaya mengisi kiper lapis keempat klub Sampdoria (1996-1997). Sebagai kiper lapis keempat, membuat Kurnia Sandy tidak betah berlama-lama di klub berjuluk Bluecerchiati itu. 

Dia juga belum pernah merumput bersama Sampdoria di Serie-A. Walhasil, penjaga gawang kelahiran tahun 1975 itu balik ke Indonesia.  Dia bergabung dengan klub Pelita Jaya dan terakhir di Bandung FC.

Sebelum berniat menjadi calon legislatif, Kurnia Sandy berprofesi sebagai pelatih Sriwijaya FC. Kiprahnya di lapangan hijau tak diragukan lagi. Semoga jika terpilih sebagai rakyat untuk DPRD Sidoarjo, Kurnia bisa menunaikan janjinya.

MOHAMMAD FACHMI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments