hero
Ilustrasi menikah. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

16 Juli 2018, 14:15 WIB

KALIMANTAN SELATAN, INDONESIA

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)  menyoroti viralnya pernikahan dini yang terjadi di Desa Tungkap, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, pekan lalu. Ketua KPAI Susanto menyayangkan ikrar sehidup semati anak yang masih di bawah umur itu.

"Kalau kita menggunakan perspektif undang-undang, tentu tidak dibenarkan," ujar Susanto, di kantornya, Senin, 16 Juli 2018. "Perkawinan itu harus sesuai undang-undang yang berlaku. Usianya belum memenuhi syarat tentu tidak dibenarkan."

Pernikahan dini di Kalimantan Selatan. (INSTAGRAM

 

Sejoli yang menikah itu adalah ZA, mempelai pria yang baru berusia 14 tahun dan pasangannya IB, 15 tahun. Video pernikahan mereka viral di media sosial beberapa hari lalu. 

Belum diketahui motif pernikahan dini itu. Dalam foto-foto yang beredar di media sosial, kedua mempelai terlihat bersanding di pelaminan. Banyak tamu yang datang mengucapkan selamat kepada mereka.

Sejumlah warganet juga turut mengomentari pernikahan dua anak baru gede itu. Kebanyakan netizen menyayangkan ikrar sehidup semati yang dilakukan bocah itu.

Resepsi pernikahan dini dua mempelai (tengah) viral di Kalimantan Selatan. (INSTAGRAM)

 

Informasi dari Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Ajun Komisaris Besar M. Rifai mengatakan pernikahan keduanya dilakukan secara siri. Pihak keluarga tidak melaporkan ke Kantor Urusan Agama setempat.

Provinsi Kalimantan Selatan dikenal sebagai daerah dengan tingkat  pernikahan tertinggi di Indonesia. Data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), pernikahan dini usia 9-13 tahun mencapai 9,4 persen.

Secara keseluruhan ada 52 persen penduduk Kalimantan Selatan menikah di bawah usia 19 tahun. Total penduduk provinisi itu hampir empat juta jiwa.

MARCELINUS AGUNG | NUGRAHANTO MARGO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments