hero
(REUTERS)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

16 Juli 2018, 14:35 WIB

INDONESIA

Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic menjadi salah satu pemimpin dunia yang paling banyak dibicarakan saat Kroasia kalah dari Prancis di final Piala Dunia 2018. Foto-fotonya mengenakan seragam Kroasia sambil bersorak mendukung timnya sepanjang pertandingan, menjadi buah bibir.

Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic di Stadion Luzhniki, Moskow. (REUTERS)

Setelah pertandingan, meski tim nasionalnya kalah, Grabar tetap penuh semangat memberikan pelukan kepada semua pemain, baik dari Prancis maupun Kroasia. Grabar pun ikut larut dalam suasana saat Presiden Prancis Emmanuel Macron meledak dengan sukacita. Jepretan kamera pewarta foto merekam momen kebersamaan di antara pemimpin kedua negara ini.

Ekspresi Grabar terlihat tetap riang meski Luca Modric, dan kawan-kawannya dipecundangi tim asuhan Didier Deschamps dengan skor 2-4. 

Momen kebersamaan Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic. (AFP)

Selama penyelenggaraan Piala Dunia 2018, Kroasia diselimuti demam sepakbola setelah negara Balkan berpenduduk 4,2 juta orang ini, menyapu bersih lawan-lawannya termasuk tuan rumah Rusia di perempat final. Grabar juga hanyut dalam demam sepakbola ini. Ia  selalu hadir di setiap laga Kroasia sejak penyisihan grup hingga final. 

Grabar- Kitarovic lahir pada 29 April 1968 di Rijeka, di bagian Kroasia Yugoslavia. Ia pernah menuntut ilmu selama setahun di Los Alamos High School di New Mexico, dan juga di Zagreb, Wina, Washington DC dan Harvard, sebelum akhirnya menyelesaikan studi doktoralnya di Kroasia.

Grabar dikenal fasih berbagai bahasa, mulai dari bahasa Kroasia, Inggris, Spanyol, dan Portugis. Ia juga mengerti bahasa Jerman, Perancis, dan Italia. 

Presiden Kroasia Kolinda Grabar-Kitarovic menyemangati Luca Modric. (AFP)

Beberapa jam sebelum hadir di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu 15 Juli 2018, Kolinda Grabar-Kitarovic sempat bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin. Pada di Kremlin ini, Putin mengucapkan selamat atas penampilan fenomenal Kroasia. "Saya yakin kita akan melihat pertandingan yang indah hari ini," kata Putin. Grabar pun berterima kasih kepada Putin. Putin memberinya buket bunga, sementara ia membalasnya dengan memberi pemimpin negeri beruang merah itu dengan kostum Kroasia bertuliskan "Putin" di bagian punggung.

Grabar tak hanya mendapat apresiasi dari Putin. Meski Kroasia kalah, ia mendapat banyak pujian berkat sikap hangatnya sepanjang pertandingan hingga usai laga. 

DNAINDIA.COM | AFP | REUTERS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments