hero
(Radii China)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

16 Juli 2018, 17:05 WIB

CINA

Di sejumlah kota besar Indonesia tentunya sudah biasa dengan layanan delivery food. Ada yang resmi dari restoran, ada juga yang memakai jasa transportasi online. Tapi di Cina, ada inovasi layanan antar makanan, yaitu memakai drone. 

Inovasi ini dirilis oleh perusahaan Ele.com di Jinshan District of Shanghai dan merupakan yang pertama di Cina. Rencananya ada 17 rute penerbangan drone yang baru tersedia di Jinshan Industrial Zone. 

Pesawat tanpa awak ini akan mengudara di area seluas 58 kilometer persegi dan melayani pesanan untuk 100 restoran. Untuk satu kali pengantaran, butuh waktu rata-rata sekitar 20 menit. Ini lebih cepat dibandingkan memakai motor yang butuh waktu 30 menit sampai 1 jam.

Walaupun modern, bukan berarti tenaga manusia enggak dibutuhkan sama sekali. Sebelum diantar, ada petugas yang menyiapkan makanan dan menaruh makanan di dalam box drone. Petugas juga mengoperasikan rute penerbangan drone dari landasan di restoran menuju ke landasan tujuan. 

Sampai di situ, ada petugas lain yang menjemput makanan, lalu mengantarkannya sampai benar-benar diterima Si Pemesan. Jadi, bukan berarti drone akan terbang bebas terus mengetuk pintu rumah kamu tanpa ada petugas manusia sama sekali. 

Di sisi lain, masyarakat mempertanyakan soal wilayah udara yang diakses drone dan biaya tambahan layanan ini. Selain itu, bagaimana kerja drone kalau cuacanya lagi mendung atau hujan deras? Terus bagaimana juga nasib makanan yang dibawa? Well, kalau menurut kamu inovasi delivery food pakai drone ini bagaimana? 

RADII

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments