hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

16 Juli 2018, 06:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Dalam beberapa bulan terakhir, Tik Tok menjadi aplikasi yang banyak diperdebatkan dan menarik perhatian masyarakat. Meski sempat diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika karena menjadi sarang konten negatif, nyatanya Tik Tok menjadi salah satu aplikasi yang banyak digandrungi.

Tik Tok sendiri adalah sebuah aplikasi asal Cina yang  yang memungkinkan pengguna membuat video singkat berdurasi hingga satu menit. Tik Tok sendiri merupakan layanan yang dikembangkan oleh ByteDance sejak September 2016.

Enggak cuma di Indonesia, aplikasi ini juga ternyata laris manis di sejumlah negara loh. Bahkan, Tik Tok berhasil memuncaki daftar aplikasi yang diunduh di App Store pada kuartal I 2018, mengalahkan aplikasi populer seperti YouTube, WhatsApp sampai Instagram.

Lalu apa yang menyebabkan Tik Tok jadi aplikasi populer di dunia?

Dikutip dari laman Radiichina pada 13 Juli 2018, Tik Tok ternyata merupakan aplikasi yang memudahkan penggunanya. Dimana Tik Tok tampil tanpa tombol play dan pause yang umum ada pada aplikasi video lain seperti YouTube. Selain itu, Tik Tok juga lebih optimal di mobile phone, sehingga membuat penggguna dengan mudah dan di mana pun mengakses platform ini. 

Meski terkesan sederhana, fitur seperti ini ternyata banyak disukai dan menyebabkan ketagihan pada penggunanya. Enggak heran jika Tik Tok saat ini telah diunduh lebih dari 150 juta kali di lebih dari 150 negara. Bahkan Tik Tok luar Cina tercatat terdapat 100 juta pengguna aktif bulanan per bulan.

(Sensower)

Selain tidak adanya tombol play dan pause, Tik Tok juga menyediakan berbagai macam tools untuk latar belakang musik, filter video, dan editing video yang membuat pengguna merasa asyik dan mudah untuk membuat video.

Meski bisa dibilang sebagai aplikasi sukses, nyatanya Tik Tok masih memiliki sejumlah 'PR' untuk diselesaikan. Salah satunya dengan membersihkan konten-konten yang negatif dan membatasi umur penggunanya.

RADIICHINA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments