hero
Presiden AS Donald Trump bersalaman dengan Kim Jong-un pada saat pertemuan di Singapura, 12 Juni 2018. (CNBC)

EDITOR : REZA ADITYA

14 Juli 2018, 05:20 WIB

AMERIKA SERIKAT

Presiden Amerika Serikat Donald John Trump membuka isi surat spesial dari Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. Surat itu tertanggal 6 Juli 2018. Trump mengunggah isi surat itu melalui akun Twitter pada Kamis, 12 Juli 2018 waktu setempat.

"Catatan yang sangat bagus dari Chairman Kim dari Korea Utara,"cuit Trump. "Kemajuan besar sedang dibuat." Surat itu terdiri dari empat alinea dan ditulis dengan huruf Hangul. Di bawah surat itu ditandatangani langsung oleh Kim Jong-un.

 

Itu merupakan surat yang ditulis Kim Jong-un setelah sebulan pertemuan fenomenal dengan Donald Trump di Singapura pada 12 Juni 2018. Saat memamerkan surat itu, Trump dalam cuitannya juga meminta Dewan Keamanan PBB menghukum Korea Utara.

Korea Utara diduga  melanggar sanksi dengan menerima bahan bakar minyak olahan secara rahasia di laut.  Setidaknya ada 759.793 barel minyak di kirim ke Korea Utara dalam rentang waktu 1 Januari-30 Mei 2018.

Sedanhkan bahan bakar minyak yang masuk ke Korea Utara dibatasi hanya 500.000 barel per tahun. Namun di luar itu, Trump tetap memuji Korea Utara karena ada keinginan untuk menjadi sahabat baru Paman Sam.

Berikut isi surat dari Kim Jong-un untuk Trump:

Yang Terhormat 
Donald J. Trump 
Presiden 
Amerika Serikat

Yang Mulia Presiden,

Pertemuan pertama yang signifikan bersama Yang Mulia dan pernyataan bersama yang kita tanda tangani di Singapura 24 hari lalu merupakan awal dari perjalanan berarti.

Saya sungguh mengapresiasi semangat dan upaya luar biasa yang dibuat Yang Mulia Presiden untuk kemajuan hubungan antara dua negara dan implementasi teguh terhadap pernyataan bersama.

Saya sungguh yakin bahwa kemauan yang kuat, upaya tulus, dan pendekatan unik dari diri saya dan Yang Mulia bertujuan untuk membuka masa depan baru antara DPRK dan AS akan mendapat hasil yang dicapai.

Semoga kepercayaan yang tak berubah dan keyakinan Yang Mulia Presiden akan diperkuat lebih jauh pada proses di masa mendatang dalam mengambil langkah praktis, saya memperluas keyakinan saya tentang perkembangan hubungan DPRK-AS yang akan membawa kita pada pertemuan selanjutnya.

Kim Jong Un 
Ketua Komisi Urusan Kenegaraan 
Republik Demokratik Rakyat Korea

USA TODAY | TWITTER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments