hero
(SETKAB)

EDITOR : REZA ADITYA

12 Juli 2018, 17:30 WIB

INDONESIA

Presiden Joko Widodo mengaku bangga atas prestasi yang diraih oleh pelari asal Nusa Tenggara Barat Lalu Muhammad Zohri. Pemuda berusia 18 tahun itu keluar sebagai pemenang Kejuaraan Dunia Atletik U-20 di Finlandia.

"Tentu kami bangga ada anak bangsa yang bisa menjadi juara," ujar Jokowi, sapaan Joko Widodo, di Indonesia Convention Exhibition BSD, Tangerang Selatan, Kamis, 12 Juli 2018. "Seluruh rakyat Indonesia juga merasa senang dan bangga."

 

Lalu Muhammad Zohri saat bertanding di kejuaraan dunia atletik U-20 di Finlandia. (IAAF)

Presiden yakin kemenangan yang ditorehkan Zohri akan menjadi modal untuk Asian Games 2018. Dia optimistis akan ada kebangkitan atlet muda nasional lainnya.

Zohri adalah pelari cepat yang meraih medali emas dengan catatan waktu 10.18 detik pada nomor 100 meter Kejuraaan Dunia U-20 IAAF di Tampere, Finlandia, Rabu malam waktu setempat. Dia sebelumnya adalah atlet yang tak diunggulkan.

Tapi berkat kakinya yang lincah, Zohri berhasil mengungguli favorit juara duo amerika, Anthony Schwartz dan Eric Harrison. Anthony dan Eric dalam perlombaan hanya menorehkan waktu 10.22 detik.

Lalu Muhammad Zohri bersama dua pesaingnya di kejuaraan dunia atletik U-20 di Finlandia. (IAAF)

 

Kecepatan Zohri merupakan prestasi yang sangat membanggakan. Musababnya, Indonesia terakhir memiliki pelari tercepat di kelas junior 32 tahun lalu. 

Dalam keterangannya di situs resmi Federasi Atletik Dunia (IAAF), Zohri merasa bersyukur atas pencapaian dirinya. "Sekarang saya akan mempersiapkan diri untuk Asian Games bulan depan," ujar dia.

SETKAB | IAAF

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments