hero
Penunjuk arah ke gua tempat 12 anak terjebak (ANTARA-REUTERS)

EDITOR : REZA ADITYA

12 Juli 2018, 16:50 WIB

THAILAND

Kompleks Gua Tham Luang di Provinsi Chiang Rai, Thailand akan dijadikan museum. Gua itu akan dijadikan situs mengenang operasi penyelamatan dramatis 12 anak dan satu pelatih sekolah sepak bola yang terjebak selama lebih dari dua pekan.

"Daerah ini nantinya akan menjadi museum untuk menunjukkan bagaimana operasi penyelamatan sukses berlangsung," ujar kepala regu penyelamat Narongsak Osottanakorn, di Thailand, Kamis, 12 Juli 2018.

Kondisi gua Tham Luang di Thailand tempat 12 anak terjebak selama lebih dari dua pekan. (AP)

 

BACA JUGA:
Hadiah untuk 12 Anak yang Terjebak di Gua Thailand
Bos Tesla Berikan Bantuan Penyelamatan Anak di Gua Thailand
[FOTO] Sederet Momen Penyelamatan Anak yang Terjebak di Gua Thailand

Osottanakorn juga mengatakan di kompleks gua itu akan didirikan pusat data yang terintegrasi. Menurut dia, kawasan itu nantinya akan menjadi daya tarik wisata baru untuk Negeri Gajah Putih itu.

Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha menginstruksikan anak buahnya untuk memperketat penjagaan di sekitar Tham Luang. Dia tidak ingin insiden terjebaknya 12 anak di dalam gua kembali terjadi.

Gua Tham Luang seperti tercantum dalam buku panduan wisata memang terbilang jarang dikunjungi. Gua itu dikenal curam dan rawan banjir.

Tentara Angkatan Laut Thailand saat mengevakuasi 12 anak terjebak di dalam gua Tham Luang. (BANGKOK POST)

 

Warga setempat juga menyayangkan tidak adanya tulisan peringatan bahaya di sekitar gua. Itulah yang menyebabkan 12 anak terperangkap di dalam liang selama lebih dari dua pekan.

Wakil Direktur Jenderal Departemen Taman Nasional, Satwa Liar dan Konservasi Tanaman Thailand Chongklai Worapongsathorn mengatakan untuk saat ini kawasan gua ditutup sementara. Belum diketahui kapan akan dibuka.

BANGKOK POST | INDIAN EXPRESS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments