hero
Polisi dan tentara berjaga di depan komplek gua Tham Luang, di mana 12 pelajar dan pelatih tim sepak bola mereka terperangkap di dalam gua banjir. (ANTARA-REUTERS)

EDITOR : REZA ADITYA

9 Juli 2018, 15:25 WIB

THAILAND

Menteri Dalam Negeri Thailand Anupong Paochaida mengatakan tim penyelamat telah membebaskan empat dari 12 anak yang terjebak di dalam gua Tham Luang Nang Non di Provinsi Chiang Rai. Anupong mengatakan mereka kondisinya baik.

"Mereka kini dalam pengawasan medis tapi secara umum kondisinya kuat dan selamat," ujar Anupong, seperti dilansir Bangkok Post, Senin, 9 Juli 2018. Keempat anak itu dirawat di Rumah Sakit Chiangrai Prachanukroh.

Helikopter yang membawa empat anak yang terjebak di dalam gua di Thailand. (BANGKOK POST)

 

Proses evakuasi anak-anak yang terjebak dalam gua itu dilakukan pada Ahad, 8 Juli 2018 pagi. Ada 90 penyelam yang turun langsung menyelamatkan mereka.

Pemerintah Thailand saat ini masih menyembunyikan identitas empat anak yang berhasil diselamatkan itu. Anupong mengatakan fokus pemerintah Negeri Gajah Putih itu menyelamatkan belasan anak lainnya yang masih terjebak di dalam gua.

Sebanyak 12 anak yang tergabung dalam tim sepak bola sekolah Thailand dan satu pelatih terjebak di dalam gua
 ham Luang Nang Non. Peristiwa itu terjadi pada 23 Juni 2018. 

Pada saat itu, mereka berwisata di kompleks gua Tham Luang dekat perbatasan Myanmar. Saat sedang asik menjelajah gua dengan kedalaman 6 kilometer itu, hujan mengguyur kawasan disertai banjir.

Tim penyelamat beristirahat di dalam kompleks gua Tham Luang. (ANTARA-REUTERS)

 

Mereka terjebak selama berminggu-minggu di dalam gua.Para siswa dan pelatih itu bisa selamat  karena bertahan di atas gundukan tanah yang tak terendam banjir.  Insiden itu menjadi sorotan dunia internasional. 

Sejumlah negara menawarkan bantuan untuk menyelamatkan para bocah malang itu. Angkatan Laut Thailand, tim penyelamat dari Myanmar-Laos, dan 32 tentara Amerika Serikat masih kerja keras menyelamatkan mereka yang masih terjebak.

BANGKOK POST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments