hero
Presiden Jokowi bersama Gubernur NTB Tuan Guru Bajang Zainul Majdi. (Youtube/Presiden Joko Widodo)

EDITOR : REZA ADITYA

7 Juli 2018, 05:00 WIB

INDONESIA

Presiden Joko Widodo buka suara terkait dukungan dari Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi dalam pemilihan presiden 2019. Jokowi, sapaan Joko Widodo, mengapresiasi dukungan tersebut.

"Saya kira itu bentuk sebuah penghargaan kepada pemerintah," ujar Jokowi, di Jakarta Convention Center, Jumat, 6 Juli 2018.  "Ya Alhamdulillah."

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Gubernur NTB TGB Zainul Majdi (kiri) berkeliling kawasan di sela-sela peresmian operasional KEK Mandalika, di Desa Kuta, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Jumat (20/10/17). (ANTARA/Ahmad Subaidi)

 

Jokowi menyebut TGB dukungan yang disampaikan Zainul adalah bentuk rasionalitas yang wajar. Sayangnya, Jokowi tidak menyebut secara spesifik maksud rasionalitas dukungan itu.

Sebelumnya, TGB mendeklarasikan dukungannya kepada Jokowi untuk maju lagi di pemilihan presiden 2019. Ada beberapa alasan alumnus Universitas Al Azhar Kairo itu mendukung Jokowi.

Salah satunya adalah menurut dia, Jokowi tidak cukup jika hanya memimpin satu periode. Dia berkaca saat memimpin NTB yang dua periode.

Gubernur Nusa Tenggara Barat TGB Zainul Majdi (kiri) bersama Ustaz Abdul Somad (kiri) menyapa warga usai mengisi kajian tauhid di Eco Pesantren Daarut Tauhiid, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (1/4). (ANTARA/Novrian Arbi)

 

"Kalau hanya memiliki waktu lima tahun dan contoh jauh dari apa yang saya alami sendiri," ujar dia. "Itu baru pondasi awal. Kemudian baru pada periode kedua itulah kemudian bisa mengerjakan banyak hal."

Dukungan TGB kepada Jokowi mendapat reaksi keras dari Persaudaraaan Alumni 212. TGB bahkan dicoret dari daftar calon presiden versi kelompok yang mendemo penodaan agama yang mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama itu.

PRIHARDANI PURBA 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments