hero
Airbag untuk Smartphone. (THE VERGE)

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

7 Juli 2018, 15:00 WIB

JERMAN

Hal pertama yang kerap dilakukan banyak orang setelah membeli smartphone adalah menyiapkan case atau pelindung tambahannya. Setuju kan? 

Meski smartphone zaman sekarang banyak yang diusung dengan layar yang super kuat dan diklaim anti retak dan lecet, tetap saja membeli case membuat rasa aman memiliki smartphone baru semakin terjamin. 

Airbag untuk smartphone. (MASHABLE)

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, case smartphone kini naik level. Seorang mahasiswa asal Jerman, Philip Frenzel menciptakan inovasi terbaru untuk case smartphone. Case yang diberi nama ADcase tersebut diklaim lebih ampuh mencegah  kerusakan saat smartphone jatuh. 

Dalam video promo ADcase yang diunggah ke Youtube, terlihat jika case ini memiliki bentuk seperti case pada umumnya. Namun saat smartphone sengaja dijatuhkan ke lantai, case itu otomatis mengeluarkan "kaki" dari sudut-sudutnya untuk mencegah adanya benturan keras. Dapat dikatakan ADcase ini bak airbag pada mobil, sehingga dapat meminimalisir dampak kerusakan saat smartphone jatuh. 

Airbag untuk smartphone. (AD CASE)

Berkat hasil tangan dinginnya, Frenzel sampai mendapat penghargaan dari German Society di bidang mekatronika. Dilansir dari Mashable, munculnya ide membuat ADcase ini diakui Frenzel datang dari pengalaman pribadinya. Suatu hari, iPhone miliknya tergelincir dari saku jaket dan jatuh ke lantai. Layarnya hancur sampai tidak berfungsi lagi.

Dari situ, akhirnya muncul ide untuk mendesain case yang bisa melindungi smartphone yang jatuh. Setelah beberapa percobaan, Frenzel berakhir pada ide untuk membuat case yang dilengkapi dengan sensor yang dapat mendeteksi ketika smartphone berada dalam keadaan terjun bebas. Sensor itu otomatis menggerakan empat "kaki" yang digerakkan oleh pegas logam untuk meminimalisir kerusakan. 

Airbag untuk smartphone. (AD CASE)

ADcase sendiri merupakan singkatan dari "active damping" alias peredam aktif. Kini ide kecenya tersebut akan dijadikan bisnis dan dipatenkan melalui Kickstarter. Namun sampai saat ini belum jelas berapa harga yang dibanderol untuk satu buah ADcase. 

Dilihat dari situs resminya, ADcase baru tersedia untuk smartphone berbasis iOS terlebih dahulu, yaitu dari iPhone 6 sampai tipe terbaru, iPhone X. 

MASHABLE | THE VERGE | YOUTUBE

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments