hero
(ANTARA)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

5 Juli 2018, 15:00 WIB

INDONESIA

Penetapan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf sebagai tersangka korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengejutkan masyarakat Aceh. Irwandi merupakan mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang sudah dua periode menjabat sebagai gubernur.

Di periode pertama, Irwandi berpasangan dengan Muhammad Nazar sebagai wakil gubernurnya. Keduanya menjabat pada masa jabatan 2007-2012. Pada pilkada selanjutnya, Irwandi kalah dari pasangan kandidat Zaini Abdullah dan Muzakkir Manaf yang juga mantan kombatan Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Pada tahun 2017, Irwan kembali bertarung dan akhirnya memenangi pilkada bersama pasangannya Nova Iriansyah. 

BACA JUGA:
Irwandi Yusuf, Dari Medan Gerilya ke Rutan KPK
KPK Segel Ruang Kerja Gubernur Aceh Irwandi Yusuf

Sebagai publik figur di Aceh, Irwandi Yusuf dikenal memiliki hobi unik. Ia mahir mengemudikan pesawat terbang. Mantan pejabat GAM ini bahkan memiliki pesawat pribadi yang diparkir di Bandara Sultan Iskandar Muda. Beberapa rekaman video ketika ia sedang mengudara, ia posting di akun sosial medianya, baik di facebook maupun instagram.

 

Lulusan kedokteran hewan Universitas Syiah Kuala ini memang aktif di sosial media. Ia juga kerap mengemukakan sikapnya yang anti korupsi. Misalnya pada 22 Maret 2018 lalu, Irwandi memposting status di facebook-nya: 

DIPERSILAHKAN ikut tender yang sebentar lagi akan diumumkan. Sekarang semua orang punya kesempatan yang sama utk menang asalkan persyaratan dan dokumen lengkap serta penawarannya terbaik (tidak harus termurah).

Bila ada pihak2 yg mengklaim bisa bantu memenangkan tender, apalagi kalau mengatasnamakan saya, laporkan kepada saya. Jika ada yang minta fee juga laporkan kepada saya.

Beberapa hari kemudian postingan ini dituangkan dalam sebuah poster yang juga dibagikan di facebook:

Salah postingan di akun facebook Irwandi Yusuf. (FACEBOOK)

Kedekatannya dengan Hendri Yuzal juga terlihat di sosial media. Hendri merupakan salah satu orang yang ditangkap oleh KPK dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Aceh, Selasa lalu. Ditahan terpisah dengan Irwandi, Hendri kini dititipkan di rutan cabang KPK, Polres Jakarta Timur. Irwandi pernah memposting ulang foto kunjungannya ke Jepang yang diunggah di akun sosial media milik Hendri. 

Foto Irwandi Yusuf dalam sebuah kunjungan bersama Hendri Yuzal. (INSTAGRAM)

Kini Irwandi telah ditetapkan sebagai tersangka korupsi setelah terjaring OTT oleh KPK Selasa malam. “KPK total mengamankan sejumlah barang bukti dalam bentuk uang rupiah 50 juta dan bukti transaksi perbankan ada BCA, ada yang Mandiri, beserta dalam catatan lainnya,” ujar Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan dalam konferensi pers di KPK, Rabu malam.

Kamis dini hari, Irwandi membantah semua tuduhan yang dialamatkan kepada dirinya. “Ada tuduhan gratifikasi. Saya enggak minta hadiah, saya enggak perintahkan orang untuk minta hadiah,” ujar Irwandi Yusuf. “Saya enggak terima uang, belum jelas ini,” lanjut Irwandi sebelum masuk mobil tahanan yang akan membawanya ke rumah tahanan. 

Irwandi Yusuf sesaat sebelum masuk ke mobil tahanan, Kamis dini hari. (ANTARA)

Kini Irwandi memasuki babak baru dalam hidupnya. Sempat keluar masuk hutan dan medan pertempuran sebagai kombatan GAM, ia kemudian duduk di tampuk kekuasaan di pemerintahan pasca perdamaian Aceh. Kini sang mantan gerilyawan itu menunggu hari-harinya di rutan sebelum duduk di kursi pesakitan menghadapi dakwaan pengadilan. 

TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments