hero
Warga menggendong ikan Arapaima. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

30 Juni 2018, 12:00 WIB

JAWA TIMUR, INDONESIA

Kepala Balai Karantina Ikan Kelas I Juanda Surabaya Muhlin mengatakan pelepas ikan Arapaima di Sungai Brantas, Jawa Timur, bisa dijerat pidana penjara 10 tahun. Aturan denda itu, kata Muhlin, sesuai dengan UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

"Atau maksimal denda Rp 2 miliar," kata Muhlin, di kantornya, Jumat, 29 Juni 2018. Muhlin mengatakan jerat pidana untuk pelepas ikan predator tersebut ada di Pasal 86 ayat 1.

Ikan Arapaima yang didapat warga di Sungai Brantas. (NET)

 

BACA JUGA:
Menteri Susi Minta Pelepas Ikan Arapaima Dipidana

Dalam beleid itu disebut larangan  melakukan pencemaran atau kerusakan sumber daya ikan dan lingkungannya di wilayah pengelolaan ikan di Indonesia. Ikan Arapaima merupakan jenis predator.

Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014 tentang Larangan Pemasukan Jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke Dalam Wilayah NKRI menyebut Arapaima adalah salah satu spesies berbahaya.

Ikan Arapaima habitat aslinya di perairan tropis Amerika Selatan. Arapaima adalah ikan air tawar paling besar di dunia. Dia bisa tumbuh hingga tiga meter dengan berat mencapai lebih dari 300 kilogram.

Kepala BKIPM Surabaya Muhlin. (NET)

 

Jika dilepas secara sembarangan di perairan Indonesia, ikan itu bisa mengancam habitat ikan asli Indonesia. Itu sebabnya, pelepas liar Arapaima di Sungai Brantas yang membuat heboh warga pada Ahad, 25 Juni 2018 kemarin meresahkan.

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Balai Karantina Ikan Kelas I Juanda Surabaya telah memeriksa seorang  warga berinisial HG yang tinggal di Sidoarjo. HG diyakini pemilik Arapaima yang dilepas ke Sungai Brantas.

Dari hasil pemeriksaan sementara, HG mengaku telah memelihara Arapaima sejak 10 tahun lalu di kolam dekat rumahnya. Namun, kolam itu dalam waktu dekat akan ditutup dan HG berinisiatif melepaskan ikan predator di Sungai Brantas.

MOHAMMAD FACHMI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments