hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

19 Juni 2018, 08:45 WIB

SOLO, INDONESIA

Solo adalah salah satu kota tujuan utama wisata kuliner di Indonesia. Aneka makanan khas yang bikin kangen, harga yang murah meriah, serta nuansa kota Solo yang hangat pada wisatawan, jadi magnet kota ini. Banyak kuliner yang bisa dicoba, tapi ada kuliner legendaris yang enggak boleh dilewatkan kalau kamu ke Solo. Kuliner ini bisa dipastikan selalu jadi buruan para pecinta makanan saat sedang di Solo!

 

1. Timlo

Cita rasa timlo yang segar, wajib dicoba. 

Ini dia salah satu menu populer kota Solo yang selalu diburu wisatawan. Timlo adalah makanan sejenis sop yang berisi suwiran daging ayam, telur kecap, sosis solo, dan ati ampela. Menikmati timlo paling pas saat disajikan hangat. Lengkapi dengan nasi hangat dan kerupuk!

2. Selat Solo

Selat solo, paduan cita rasa Jawa dan Eropa.

Kuliner khas Solo ini merupakan perpaduan rasa Jawa dan Eropa. Selat Solo terdiri dari daging sapi yang direbus dalam kuah encer. Kuahnya dibumbui cuka, kecap, bawang putih dan rempah. Disajikan lengkap dengan telur rebus, aneka sayuran, taburan keripik kentang dan sedikit mayones.

3. Surabi Notosuman

Surabi khas Solo dengan cita rasa gurih.

Ke Solo belum afdol kalau belum ke Surabi Notosuman. Sesuai namanya, gerai Surabi ini ada di jalan Notosuman. Surabi khas Solo ini tidak berkuah dan terbuat dari adonan tepung beras serta santan. Karena itulah cita rasanya sangat gurih. Siap-siap antre ya, kalau mau berburu surabi ini.

4. Tahu Kupat

Tahu kupat cocok untuk pecinta cita rasa manis.

Kuliner yang satu ini memiliki cita rasa manis khas kecap. Tahu kupat terdiri dari potongan ketupat, mie kuning, tahu goreng, tauge, bakwan sayur dan taburan kacang goreng. Pelengkap sajiannya adalah kuah bumbu kecap manis. Enak disantap saat masih hangat, dan dilengkapi kerupuk! Minta tambahan bakwan sayurnya juga ok, loh!

5. Garang Asem

Ayam garang asem, salah satu menu buruan pecinta kuliner Solo.

Kuliner ini memiliki cita rasa pedas sekaligus asam segar yang berasal dari belimbing sayur. Yup, dalam pembuatan garang asem, salah satu bahan pentingnya adalah ayam dan si belimbing sayur ini. Biasanya kamu akan melihat menu ini dikemas dengan daun pisang.

6. Sate Buntel

Sate buntel, memuaskan lidah pecinta daging kambing.

Buat pecinta daging kambing, sate buntel wajib kamu cobain. Jadi, sate buntel adalah sejenis sate yang terbuat dari daging kambing cincang yang dibungkus lemak kambing, lalu dibakar. Bumbunya enggak banyak, cukup kecap manis dan merica.

7. Tengkleng

Tengkleng jadi kuliner yang selalu diantre wisatawan saat ke Solo.

Satu lagu kuliner khas Solo berbahan dasar daging kambing yang populer banget, tengkleng! Terbuat dari tetelan kambing seperti iga, kaki hingga bagian kepalanya, tengkleng sekilas mirip gulai. Bedanya, tengkleng enggak dimasak dengan santan. Santap tengkleng saat masih panas bersama sepiring nasi!

8. Gudeg Cakar Bu Kasno

Gudeg cakar juga wajib kamu coba saat ke Solo.

Sesuai namanya, menu gudeg ini bintang utamanya adalah cakar alias ceker ayam. Meski begitu, banyak lauk pelengkap khas gudeg lainnya di sini. Selain cakarnya, yang unik di kedai ini adalah jam bukanya, yaitu dini hari!

Nah, dari sekian banyak kuliner khas yang wajib dicoba saat ke Solo, kuliner mana saja yang sudah pernah kamu cicipi?

BERBAGAI SUMBER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments