hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

12 Juni 2018, 13:00 WIB

KOREA SELATAN

Warga Seoul, Korea Selatan, tidak ketinggalan menonton pertemuan Presiden Amerika Serikat Donald John Trump dan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un di Pulau Sentosa, Singapura. Ketika Kim dan Trump tiba di Capella Hotel di Singapura, orang-orang di stasiun kereta Seoul berhenti untuk menyaksikan momen di layar TV, Selasa, 12 Juni 2018.

Tanggapan beragam dari warga muncul saat  menyaksikan momen bersejarah ketika Trump bersalaman dengan Kim Jong Un. Beberapa warga kemudian bertepuk tangan dan bersorak ketika Trump dan Kim akhirnya bertemu untuk pertama kalinya.

Warga menonton pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di stasiun kereta Seoul, Korea Selatan, Selasa, 12 Juni 2018. (AP)

"Saya berharap hasil yang sangat baik. Denuklirisasi (Korea Utara), perjanjian damai, dan pembukaan ekonomi Korea Utara ke dunia," kata Yoon Ji, asisten profesor di Universitas Sungshin yang sempat berhenti menonton di stasiun.

Sementara pandangan berbeda disampaikan warga lainnya. "Kami tidak dapat sepenuhnya mempercayai Korea Utara akan denuklirisasi. Kami tidak mempercayai sistem mereka. Tidak terbuka sehingga sulit menilai," kata Jo Han Won.

Pertemuan kedua pemimpin tersebut salah satunya memang membicarakan denuklirisasi semenanjung Korea.

Presiden AS Donald Trump bersalaman dengan Kim Jong Un. (CNBC)

BACA JUGA:
Momen Bersejarah Sentuhan Tangan Kim Jong Un dan Trump
Begini Perasaan Kim Jong Un dan Trump saat Bertemu
Suasana Pyongyang Saat Kim Jong Un dan Trump Bertemu

Usai keluar dari ruang pertemuan, kepada wartawan Trump mengatakan ini adalah pertemuan luar biasa. Sementara, Jong Un mengatakan banyak orang di dunia tidak akan mempercayai pertemuan bersejarah sedang terjadi di Singapura. Ia juga menganggap pertemuan ini layaknya adegan sebuah film fiksi ilmiah.

AP | THE GUARDIAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments