hero
Presiden AS Donald Trump bersalaman dengan Kim Jong-un. (CNBC)

EDITOR : REZA ADITYA

12 Juni 2018, 11:30 WIB

SINGAPURA

Presiden Amerika Serikat Donald John Trump menyampaikan kebahagiaan yang luar biasa bisa bertemu dengan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. Dia mengatakan pertemuannya dengan Jong-un adalah sejarah dunia.

"Saya merasa sangat baik,kami akan memiliki diskusi yang sangat luar biasa nanti," kata Trump, di Pulau Sentosa, Singapura, Selasa, 12 Juni 2018. "Dan ini akan menjadi sebuah pencapaian besar."

Kim Jong-un akhirnya bertemu dengan Trump. (CNBC)

Trump tidak ragu pada pertemuan kali ini nantinya akan membuat Amerika dan Korea Utara bersahabat. "Saya tidak ragukan hal itu. Karena ini sangat luar biasa sekali," ujar Trump.

Di sebelah Trump. Kim Jong-un juga menyampaikan rasa senangnya bertemu dengan Trump. "Banyak hal yang akan kami lakukan di Singapura setelah sebelumnya kami selalu berprasangka satu sama lain," ujar Jong-un.

Jong-un juga mengatakan akan menjalin kerja sama secara erat dengan Amerika Serikat. Perihal poin apa saja yang ingin dibicarakan pada pertemuan tertutupnya, kedua kepala negara itu belum mau memberitahu.

Pertemuan bersejarah dua pemimpin Korea Utara dan AS. (AP)

 

Namun dalam agenda yang diberitakan media setempat, ada lima hal yang akan menjadi pembahasan pada pertemuan bersejarah itu. Di antaranya adalah menghentikan perang korea, normalisasi hubungan diplomatik dengan AS.

Ini juga merupakan kali pertama Jong-un kunjungan kenegaraan jarak jauh. Sebelumnya, pemimipin negeri Juche itu hanya sowan ke negara tetangganya, Cina.

AP | THE GUARDIAN

 

 

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments