hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

11 Juni 2018, 14:50 WIB

KAB. SEMARANG, INDONESIA

Tanjakan jalur darurat Jembatan Kenteng, Kabupaten Semarang salah satu titik krusial di ruas jalan tol Salatiga-Kartasura. Minggu, 10 Juni 2018, beredar sebuah video yang kemudian menjadi viral.

Dalam video tampak sebuah city car tidak kuat menanjak jalur darurat Jembatan Kenteng. Terlihat seorang polisi dengan sigap mengganjal ban. Polisi tersebut juga berupaya mendorong agar kendaraan kembali melaju.

Potongan video viral polisi mengganjal mobil yang tidak kuat menanjak di Jembatan Kenteng, Kabupaten Semarang. (screenshot)

Aksi heroik mengganjal ban dan mendorong mobil tersebut dilakukan oleh Aiptu Joko Nur Warsito. Anggota Satuan Lalu Lintas Polres Semarang itu mengaku refleks saat mengambil batu untuk mengganjal ban.

"Pada saat itu memang saya sendiri secara pribadi di luar nalar saya," kata Joko kepada jurnalis NET Yudha Eriyanto, Senin, 11 Juni 2018. "Karena mungkin itu naluri  kami sebagai petugas kepolisian terutama petugas lalu lintas, secepat mungkin untuk memberikan bantuan terbaik buat masyarakat," sambung Joko.

Aiptu Joko Nur Warsito dibantu petugas menahan mobil, sementara Ipda Warsono bersiap menggantikan pengendara melewati tanjakan Kenteng. (NET/Yudha Eriyanto)

Setelah diganjal oleh Joko, polisi lainnya, Ipda Warsono menggantikan pengemudi melewati tanjakan Kenteng.

Video viral ini direkam oleh Bripda Endra, rekan Joko dan Warsono. Endra mengaku tidak sengaja merekam kejadian tersebut. "Tidak sengaja juga, karena saat itu saya sedang mendokumentasikan arus lalu lintas untuk saya kirim laporan ke atasan," kata Endra.

"Tapi kebetulan itu, waktu itu ada senior saya sedang membantu pengemudi yang tidak kuat dalam tanjakan tersebut," pungkas Endra.

Aiptu Joko Nur Warsito. (NET/Yudha Eriyanto)

Selain video tersebut, beredar pula pesan berantai melalui Whatsapp yang menyebutkan bahwa kendaraan yang melintas di tanjakan jembatan Kenteng harus lewat satu-satu karena kemiringannya mencapai 50 derajat. Polisi mengonfirmasi kemiringan di tanjakan jembatan Kenteng mencapai 22,2 derajat bukan 50 derajat.

YUDHA ERIYANTO

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments