hero
Mudik Menggunakan Motor. Pemudik bersepeda motor melintas di Jalur Selatan, Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa, 14 Juli 2015. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

7 Juni 2018, 13:35 WIB

INDONESIA

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta masyarakat tak naik motor saat mudik. Menurut Budi, mudik dengan menggunakan sepeda motor berisiko terjadinya kecelakaan.

"Dengan segala kerendahan hati, saya menganjurkan pemudik tidak menggunakan motor," ujar Budi, di kantornya, Kamis, 7 Juni 2018. "Bisa menggunakan bus. Masih tersedia banyak sekali."

Pemudik bersepeda motor yang akan menyeberang ke Sumatera mengantre di Dermaga I Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu, 17Juli 2015. (ANTARA)

 

Budi mengatakan 70 persen kecelakaan mudik dua tahun kemarin didominasi pengguna motor. Dia tidak ingin tahun ini, jumlah kecelakaan itu meningkat.

Pemerintah berupaya membatasi penggunaan sepeda motor di mudik tahun ini. Data Kementerian Perhubungan pada tahun 2017, jumlah sepeda motor pada arus mudik 2017 mencapai 6.391.784 unit.

Angka  itu tumbuh 35,5 persen dibandingkan tahun 2016. Meningkatnya pemudik dengan sepeda motor juga   berpotensi meroketnya tingkat kecelakaan.

(ANTARA)

 

Data Korps Lalu Lintas Polri pada tahun 2017 menyebut ada 3.168 kecelakaan yang melibatkan 5.680 kendaraan. Dari total kendaraan itu, 4.346 di antaranya dialami sepeda motor.

Penyebab pemudik motor mengalami kecelakaan didominasi oleh berlebihnya muatan. Pemudik motor juga sering memaksakan tetap mengemudi walau kondisi badan lelah.

SYARIFAH DWI RAHMA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments