hero
(NET/Mahfudz Sunarjie)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

6 Juni 2018, 13:30 WIB

JAWA TIMUR, INDONESIA

Hingga Rabu siang, 6 Juni 2018, volume pengguna jasa penyeberangan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur mulai meningkat. Hal ini terjadi karena adanya para pemudik dari Bali yang memilih pulang kampung lebih awal. Meski Hari Raya Idul Fitri masih kurang sembilan hari lagi, namun mereka memilih pulang lebih awal untuk menghindari kemacetan. 

Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. (NET/Mahfudz Sunarjie)

Selama masa angkutan lebaran 2018, PT Angkutan Sungai Danau dan Pelabuhan (ASDP) Pelabuhan Ketapang menyiagakan 56 armada kapal ferry. Seluruh armada kapal tersebut siap dioperasikan di perairan Selat Bali selama arus mudik hingga arus balik lebaran tahun ini.
 
“Untuk armada siapkan ada 56 armada kapal yang dapat operasikan sewaktu-waktu, sedang tiap hari ada 32 kapal dengan 9 trip per hari, seluruhnya 56 kapal,” ujar Manajer Humas ASDP Ketapang Banyuwangi, Ardhy Ekapati.

Kapal ferry yang melayani penyebrangan Jawa - Bali di Pelabuhan Ketapang. (NET/Mahfudz Sunarjie)

Untuk sementara kapal yang dioperasikan baru 32 unit, 20 kapal di dermaga MB Ponton, sedangkan 12 unit lainnya berada di Dermaga Pantai. Satu kapal bantuan, yaitu KMP Drajat Paciran juga telah disiagakan untuk mengantisipasi membludaknya penumpang dari Pulau Dewata ke Pulau Jawa.
 
Selama masa Lebaran 2018 ini, PT ASDP Ketapang memprediksi jumlah penumpang kapal naik sekitar tiga persen dibandingkan tahun 2017. Peningkatan ini terjadi pada kendaraan roda empat, sementara untuk roda dua diperkirakan justru akan menurun.
 
MAHFUDZ SUNARJIE 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments