hero
Presiden Jokowi didampingi jajaran menteri melihat maket UIII di Depok, Jawa Barat. (ANTARA/Wahyu Putro)

EDITOR : REZA ADITYA

5 Juni 2018, 15:45 WIB

INDONESIA

Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla mengawali pembangunan Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Selasa, 5 Juni 2018 pagi.

Jokowi, sapaan Joko Widodo, mengatakan rencana pembangunan UIII itu sudah dua tahun dimatangkan. Semula, Presiden berharap kampus tersebut bisa didirikan di lahan seluas lebih dari 1.000 hektare. 

residen Joko Widodo (tengah) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) melakukan peletakan batu pertama pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). (ANTARA/Wahyu Putro)


BACA JUGA:
Kala Presiden Jokowi Bertemu Tukang Sampah Jujur

 

Nyatanya, di Pulau Jawa saat ini sulit mencari lahan sebesar itu. Walhasil, lahan yang didapat hanya 142 hektare di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

"Setelah melihat di lapangan tadi, saya juga kaget, ternyata 142 hektare itu lahan yang sangat luas," ujar Presiden. "Alhamdulillah. Saya enggak bayangkan kalau dapat yang 1.000 hektare."

Presiden berharap UIII menjadi pusat kajian penelitian peradaban Islam di Indonesia. Apalagi Indonesia dikenal di dunia sebagai negara besar dengan penduduk Islam terbesar di dunia.

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) mengamati rencana pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). (ANTARA/Wahyu Putro)

 

"Sudah sewajarnya, sudah sepantasnya, sudah sepatutnya Indonesia menjadi rujukan bagi kemajuan peradaban Islam di dunia," ujar Presiden. "Inilah nanti tempatnya."

Pembangunan kampus Universitas Islam Internasional Indonesia membutuhkan biaya Rp 3,5 triliun.  Menurut Presiden, pembangunan kampus itu masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). 

Presiden mengatakan pada tahun ini akan dimulai dengan anggaran Rp700 miliar. Pembangunan UIII, kata Presiden,  diperkirakan selesai  kurang lebih 4 tahun.

TIM LIPUTAN | SETKAB

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments