hero
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memeriksa jalur kereta lengkap yang menghubungkan Koam dan Dapchon, dalam foto tidak bertanggal yang disiarkan oleh Pusat Agensi Berita Korea Utara. (KCNA))

EDITOR : REZA ADITYA

25 Mei 2018, 16:00 WIB

KOREA UTARA

Pemerintah Korea Utara mengeluarkan pernyataan terkait pembatalan pertemuan Kim Jong-un dan Presiden AS Donald John Trump. Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Kim Kye-gwan memuji upaya Trump yang ingin bertemu Jong-un.

"Kami sangat berterima kasih kepada Presiden Trump karena membuat keputusan berani, Presiden AS lainnya tidak berani merencanakan pertemuan puncak," ujar Kye-gwan seperti dilansir KCNA, Jumat, 25 Mei 2018.

Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Kim Kye-gwan. (TELEGRAPH)

 

BACA JUGA;
Alasan Trump Batalkan Pertemuannya dengan Kim Jong-un

Kye-gwan dalam pernyataannya di KCNA menunjukkan perdamaian. Dia bahkan menyebut istilah formula Trump yang bisa menjernihkan ketegangan antara Korea Utara dan Amerika Serikat.

Dia juga menyatakan kritiknya terhadap kebijakan Amerika Serikat yang ingin menerapkan konsep denuklirisasi ala Libya adalah sebuah retorika.  "Bahwa antagonisme saat ini memang dibutuhkan konferensi tingkat tinggi," ujar Kye-gwan.

Para perempuan berunjuk rasa terhadap Presiden Amerika Serikat Donald Trump di dekat kedubes Amerika Serikat di Seoul, Korea Selatan, Jumat, 25 Mei 2018. (ANTARA-REUTERS)

 

Pengumuman pembatalan pertemuan, kata Kye-gwan, sangatlah mendadak dan mengagetkan bagi Pyongyang. "Kami sangat menyesal dan tidak bisa berbuat banyak, ujar dia.

Di akhir pernyatannya, Kye-gwan mengatakan Korea Utara masih berharap adanya pertemuan antara Kim Jong-un dan Trump di masa mendatang. Dia juga mengatakan negaranya masih membuka diri untuk dialog dengan Amerika Serikat.

KCNA | AP

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments