hero
Warga berjalan melewati televisi yang menyiarkan berita tentang pembatalan konferensi antara Amerika Serikat dan Korea Utara, di Seoul, Korea Selatan, Jumat 25 Mei 2018. (ANTARA-REUTERS)

EDITOR : REZA ADITYA

25 Mei 2018, 15:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Presiden Amerika Serikat Donald John Trump membatalkan pertemuannya dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. Dalam surat yang ditujukan ke Jong-un, Trump membeberkan alasannya.

"Berdasarkan kemarahan yang luar biasa dan permusuhan secara terbuka yang Anda utarakan baru-baru ini, saya tak pantas untuk hadir di pertemuan yang telah kita rencanakan sejak lama," bunyi petikan surat Trump untuk Jong-un.

Surat Trump untuk Kim Jong-un. (CNN)

 

BACA JUGA:

Surat itu ditulis Trump dan dirilis Gedung Putih pada Kamis, 24 Mei 2018 waktu setempat atau Jumat, 25 Mei 2018 waktu Indonesia. Dalam surat itu, Trump berharap ke depannya bisa menggelar dialog dengan pemimpin Negeri Juche itu.

"Suatu hari, saya akan sangat menantikan Anda," tulis Trump. "Jika Anda berubah pikiran terkait pertemuan puncak yang paling penting ini, jangan ragu untuk menelpon dan menulis kepada saya."

Di akhir suratnya, Trump mengucapkan terima kasih kepada Jong-un yang sudah membebaskan tiga warga negara AS yang pernah disandera Korea Utara. Trump menyebut pembebasan itu sebagai upaya perdamaian luar biasa dari Korea Utara.

Koin Trump dan Jong-un yang dijajakan di AS. (USA TODAY)

 

Batalnya pertemuan Trump dan Jong-un itu membuat sejumlah negara kecewa. Kekecewaan yang paling besar dirasakan Korea Selatan.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyayangkan batalnya pertemuan bersejarah itu. "Sangat mengkhawatirkan konferensi tingkat tinggi Amerika Serikat-Korea Utara belum bisa terwujud."

Ungkapan kekecewaan juga datang dari Rusia. Presiden Rusia Vladimir Putin menyalahkan AS yang seenaknya membatalkan pertemuan.

"Padahal Korea Utara telah menghancurkan sejumlah tempat uji coba nuklirnya," ujar Putin. "Tapi, AS malah membatalkan pertemuan itu."

KOREAN TIMES | CNN| NY | RT

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments