hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

24 Mei 2018, 14:00 WIB

KOREA SELATAN

Glamornya kehidupan K-Pop Idol membuat banyak orang iri dan ingin menjadi seperti mereka. Namun, dibalik indahnya hidup para idol itu, ada banyak pengorbanan. Sebelum tampil sebagai idol, mereka harus melewati audisi dan masa trainee. Di masa trainee itulah mereka dilatih untuk jadi idol di Korea.

Seorang mantan trainee di SM Entertainment mengungkapkan perjuangannya selama menjalani masa latihan. Ini termasuk pendidikan keras yang dilakukan oleh SM Entertainment untuk melatih vokalnya.

Ilustrasi para trainee. (KOREA BOO)

"Kalau kamu datang terlambat atau tidak menaati aturan, kamu harus bernyanyi sambil berlari mengelilingi ruangan latihan sebanyak 10 kali. Di sana kamu latihan nyanyi sambil sit-up dan perut kamu juga bakal dipukul untuk meningkatkan kekuatan otot dan vokal. Lalu, jika kamu melakukan sesuatu yang salah, kamu harus menulis tentang kesalahan apa yang kamu lakukan dan kamu enggak diizinkan untuk berlatih sampai kamu menceritakan secara detil kesalahanmu," ujarnya.

"Selain itu, pihak agensi juga akan mengecek presentase lemak tubuh kamu setiap bulan dan mengajarkan sopan santun serta sikap yang baik," tambahnya.

Latihan vokal yang dijalani, sangat keras.

"Mereka mengajarkanmu caranya bermain instrumen musik dan mereka akan bermain piano sambil menyuruhmu menebak nada yang dimainkan," paparnya.

"Semua kegiatan sudah dijadwalkan dan selalu ada pekerjaan rumah. Sepertinya lebih mudah belajar di sekolah selama 30 tahun. Mereka pun mengatakan belajar lagu pop dan kemampuan berbahasa sangat penting sekali," lanjutnya.

"Aku sering banget nangis karena aku ingin pergi ke sekolah, makan dan pergi bersama teman-teman. Tapi, apabila kamu bilang kamu mau melakukan semua itu, kamu bakal disuruh berhenti jadi trainee," ungkapnya.

Ilustrasi para trainee K-Pop.

"Itu sudah lama kejadiannya dan dulu aku  berpikir kalau menjadi penyanyi adalah mimpi aku satu-satunya. Aku pikir aku akan mati kalau enggak jadi penyanyi. Namun, karena sekarang aku sudah keluar dari agensi, aku merasa bersyukur karena tidak meneruskan masa pelatihanku. Malah sekarang aku merasa jadi lebih baik. Walau sudah lama tapi aku gak akan pernah bisa melupakan masa-masa trainee itu," katanya.

Pengalaman pahit yang dirasakan para trainee selalu berulang terus. Penggemar K-Pop Idol berharap, pihak agensi mau merenungi kesalahan mereka dan memperlakukan trainee lebih baik lagi.

KOREA BOO | KSTAR LIVE

 

 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments