hero
Presiden Amerika Serikat Donald Trump melihat ke arah fotografer setelah bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-In di Gedung Putih, Washington. (ANTARA-REUTERS)

EDITOR : REZA ADITYA

24 Mei 2018, 13:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Presiden Amerika Serikat Donald John Trump menunda pertemuannya dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. Penundaan itu setelah hubungan kedua negara memanas lagi karena tudingan Pyongyang soal denuklirisasi.

"Ada kemungkinan ini tidak akan berhasil," kata Trump di Gedung Putih, Rabu, 23 Mei 2018 waktu setempat. "Tidak apa-apa, bukannya berarti tidak berhasil di masa depan. Bisa jadi bukan 12 Juni. Namun masih ada kemungkinan."

Trump dan Jong-un. (AP)

 

BACA JUGA;
Trump Ngotot Bertemu dengan Kim Jong-un
Pertemuan Trump dan Kim Jong-un Terancam Batal
Menyaksikan Pertemuan Bersejarah Kim Jong-un dan Presiden Korsel

Sebelumya, Trump dan Kim Jong-un akan bertatap muka mengukir sejarah dunia. Pertemuan keduanya sedianya dilangsungkan pada 12 Juni 2018 di Singapura.

Namun, tiba-tiba Pyongyang berubah pikiran dan keki dengan Amerika Serikat. Ada beberapa penyebab Negeri Juche itu kesal dengan Abang Sam.

Pertama, menyoal pernyataan penasihat Trump, John Bolton. Bolton dalam sebuah wawancara dengan televisi setempat mengatakan AS akan mengadopsi denuklirisasi Libya dalam pendekatannya dengan Korea Utara.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kanan) dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo (kiri) berjabat tangan markas Partai Buruh Korea Utara, di Pyongyang pada 9 Mei 2018. (KCNA)

 

Pendekatan denuklirisasi Libya ini dikhawatirkan Korea Utara akan menjatuhkan rezim Kim. Kebijakan AS di Libya itu berujung kehancuran rezim Muhammad Gaddafi.

Kemudian hal kedua yang membuat Pyongyang jengkel adalah latihan militer Korea Selatan dengan AS pekan lalu. Latihan itu disebut juga dengan Max Thunder. 

Amerika dalam latihan itu mengerahkan sejumlah pesawat siluman dan pengebom. Korea Utara merasa terancam dan menuding Korea Selatan mengkhianati deklarasi Panmunjom.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bahkan pada Selasa kemarin terbang langsung ke Washington untuk membicarakan soal rencana pertemuan Trump dan Jong-un yang bakal diundur.

CNN | CHANNEL NEWS ASIA | WP

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments