hero
Pejabat baru Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksdya TNI Siwi Sukma Adji melakukan sumpah jabatan ketika pelantikan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 23 Mei 2018. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

23 Mei 2018, 13:00 WIB

INDONESIA

Presiden Joko Widodo melantik Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) baru pengganti Laksamana Ade Supandi. Dia adalah Laksamana Siwi Sukma Adji. Pelantikan digelar di Istana Negara hari ini, Rabu, 23 Mei 2018 sekitar pukul 11.00 WIB.

Sebelum dilantik, Siwi mengaku nantinya akan melanjutkan program yang sudah ada. "Harapannya kan semua program sudah diatur, tinggal melanjutkan," ujar Siwi, di Kompleks Istana Kepresidenan.

Siwi Sukma Adji saat pangkatnya masih Laksamana Madya. (ISTIMEWA)

 

Sebelum menjadi Kasal, Siwi menjabat sebagai Komandan Jenderal Akademi TNI. Dia juga pernah mengemban amanah sebagai Asisten Perencanaan Umum (Asrenum) Panglima TNI.

Siwi lahir di Cimahi, Jawa Barat, 14 Mei 1962. Dia merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut angkatan 30 dan lulus pada tahun 1985.

Berbagai pendidikan militer telah ditempuh Siwi. Selain Akademi Angkatan Laut, Siwi juga menempuh pendidikan Cawak Van Spyck (1987), Operation School (1987), Diklapa I Senjata Bawah Air Angkatan-5 (1991-1992).

Siwi Sukma Adji saat pangkatnya masih Laksamana Madya. (ISTIMEWA)

 

Selama bertugas sebagai tentara, Siwi juga telah meraih berbagai tanda jasa bintang dan satya lencana. Di antaranya adalah Bintang Yudha Dharma Pratama,  Bintang Jalasena Nararya, Satya Lencana Komandan KRI.

Siwi resmi menggantikan Ade yang memasuki pensiun pada 1 Juni 2018. Terpilihnya Siwi sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 43/TNI/Tahun 2018 tertanggal 22 Mei 2018.

PRIHARDANI PURBA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments