hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

23 Mei 2018, 12:05 WIB

INGGRIS

Bagi orang biasa, topi mungkin hanya menjadi bagian dari sebuah tren fashion dan hanya berfungsi sebagai pelengkap penampilan. Tapi ternyata, topi memiliki arti penting loh bagi para wanita Inggris terutama yang berasal dari kalangan bagsawan.

Yup, hal ini bisa kamu lihat dari acara pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle beberapa waktu lalu. Hampir seluruh tamu perempuan baik dari keluarga kerajaan atau publik figur terlihat menggunakan topi saat menghadiri acara pernikahan. Lalu, sebenarnya apa sih arti topi bagi para kaum wanita di Inggris?

(Romper)

Dilansir dari laman This Is Insider pada 21 Mei 2018, ternyata aturan menggunakan topi sudah menjadi tradisi dan aturan wajib dari Kerajaan Inggris yang sudah ada sejak tahun 1950-an. Alasannya karena topi dapat menunjukan status sosial dengan kerendahan hati.

Pada saat itu, wanita dari keturunan bangsawan dan kerajaan sangat jarang menunjukan rambut mereka di depan umum. Topi juga menjadi sebuah bagian dari 'keberagaman status sosial'. Yang mana keberagaman tersebut terpengaruh dari unsur etnik, kekayaan, tingkat pendidikan, tingkat pekerjaan dan nilai-nilai regional.

Makanya enggak heran dalam acara-acara besar dan formal, semua anggota kerajaan maupun tamu undangan diwajibkan menggenakan topi. "Ketika menghadiri acara khusus di Inggris, tidak akan lengkap tanpa topi," ujar Direktur Fashion The Daily Telegraph, Hilary Alexander.

(This Is Insider)

Pemilihan topi pun enggak boleh sembarangan loh. Untuk bisa masuk ke kawasan istana, para tamu undangan harus mengenakan topi berwarna sesuai dengan busana yang mereka kenakan.

Itulah sebabnya dalam acara Royal Wedding kemarin, para anggota kerajaan dan tamu undangan banyak yang menggunakan topi berwarna senada dengan busana mereka. Contohnya seperti Victoria Beckham, Amal Clooney, Serena Williams, Priyanka Copra dan masih banyak lagi.

"Harus ada sedikit perbedaan antara keluarga kerajaan dengan rakyat biasa. Tidak dengan cara yang sombong. Apa gunanya keluarga kerajaan jika mereka memiliki penampilan yang sama dengan kita?" jelas seorang ahli kerajaan, Victoria Arbiter.

Sementara itu saat menghadiri acara biasa, menggunakan topi bukanlah suatu kewajiban bagi perempuan Inggris. Contohnya saat Kate Middleton melakukan kunjungan ke beberapa negara. Ia hanya diwajibkan untuk menggunakan busana yang sopan.

THIS IS INSIDER | ROMPER

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments