hero
(NET/Andreas Pamungkas)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

22 Mei 2018, 06:40 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Pasca letusan freatik yang terjadi secara beruntun, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta meningkatkan status Gunung Merapi ke level 2 atau Waspada. Peningkatan status dilakukan karena letusan freatik terakhir yang terjadi pada Senin petang selama 3 menit, diikuti dengan gempa tremor. Gempa ini merupakan salah satu indikasi adanya aktivitas vulkanik di Gunung Merapi.

Petugas BPPTKG memantau aktivitas vulkanik Gunung Merapi. (NET/Andreas Pamungkas)

"Ini sudah menuju ke magmatis, jadi sekarang ini erupsinya adalah erupsi magmatis,” ujar Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida. Hanik juga membenarkan adanya potensi letusan. “Ada potensi letusan, tetapi kita tunggu perkembangannya lebih lanjut lagi sampai sekarang si diem lagi, tremor sudah hilang sudah tenang lagi, tapi terus kita pantau perkembangannya,” lanjut Hanik. 

Meski Merapi sudah relatif tenang, namun adanya gempa tremor mengindikasikan potensi letusan terjadi lagi. “Jadi untuk mewaspadai sudah ada tremor itu berarti artinya bahwa ada fluida yang bergerak ke permukaan, itu bisa gas, bisa magma," ujar Hanik.

Kepala BPPTKG Yogyakarya, Hanik Humaida. (NET/Andreas Pamungkas)

Meningkatnya status waspada Merapi membuat masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana 3 diminta meningkatkan kewaspadaannya. Sementara di radius 3 kilometer dari puncak Merapi, sekarang warga dilarang beraktivitas. Sepanjang Senin kemarin, letusan freatik terjadi secara beruntun hingga tiga kali.

Letusan freatik terjadi pada Senin dini hari, kemudian esok paginya pada pukul 09.38 WIB terjadi lagi dengan ketinggian kolom asap mencapai 1,2 kilometer. Letusan freatik terakhir terjadi pada pukul 17.50 WIB selama 3 menit.

ANDREAS PAMUNGKAS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments