hero
Aktivitas di Bandara Adisutjipto. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

22 Mei 2018, 12:40 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Peningkatan status waspada Gunung Merapi tidak mempengaruhi aktivitas di Bandar Udara Adisutjipto. Lapangan terbang di Yogyakarta itu tetap beroperasi seperti biasa.

"Sampai saat ini, bandar udara normal operation," kata General Manager PT. Angkasa Pura I  Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, Selasa, 22 Mei 2018. "Berdasarkan observasi, tidak ditemuka abu vulkanik."

Situasi di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. (NET)

 

BACA JUGA:

Aktivitas vulkanik Gunung Merapi pada Senin kemarin membuat sebagian daerah di Kabupaten Sleman diguyur hujan abu.  Beruntungnya, angin berhembus ke arah barat. Bandara Adisutjipto berada di sebelah selatan Gunung Merapi.

"Berdasarkan paper test juga tidak ditemukan debu vulkanik," ujar Agus. "Di ruang udara juga tidak terlihat (abu vulkanik) di rute-rute kami. Sehingga sampai sekarang kami masih membuka."

Sebelumnya, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta meningkatkan status Gunung Merapi ke level 2 atau Waspada pada Senin kemarin. 

Suasana Bandara Adisutjipto tetap beroperasi normal. (NET)

 

Peningkatan status dilakukan karena letusan freatik terakhir yang terjadi pada Senin petang selama 3 menit, diikuti dengan gempa tremor. Gempa ini merupakan salah satu indikasi adanya aktivitas vulkanik di Gunung Merapi.

Di sejumlah daerah juga diselimuti hujan abu. Ratusan warga di lereng Merapi diungsikan ke Balai Desa Glagaharjo. Kini, kondisi Merapi terlihat normal meski masih dalam status waspada.

PRASETYOWATI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments