hero
Aktivitas warga di lereng Merapi (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

22 Mei 2018, 12:00 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Ratusan warga lereng Gunung Merapi yang sempat mengungsi di Balai Desa Glagaharjo, Sleman, pulang ke rumah masing-masing pada Selasa, 22 Mei 2018 pagi. Sehari sebelumnya, mereka mengungsi karena status Merapi naik ke level waspada.

Sumarni, salah satu warga Dusun Kalitengah Kidul, mengatakan alasannya kembali ke rumahnya di lereng Gunung Merapi. "Kalau diamati, sepertinya aman gitu kelihatannya gunungnya," ujar Sumarni.

Warga di lereng Merapi kembali beraktivitas. (NET)

 

BACA JUGA:
Status Gunung Merapi Naik Jadi Waspada
Meski Khawatir, Siswa SD di Lereng Merapi Ini Tetap ke Sekolah

Sumarni  sebenarnya trauma dengan musibah meletusnya Merapi pada tahun 2010. Pada saat itu, dia mengaku seluruh harta benda di rumahnya ludes. Namun, untuk kali ini dia haqul yakin Merapi hanya batuk kecil dan aman untuk ke rumah.

"Karena di rumah masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan," ujar Sumarni. Sebelumnya, ratusan warga di empat dusun di Lereng Merapi diungsikan ke Balai Desa Glagaharjo.

Kepala Balai Desa Glagaharjo Suroto mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di sekitar lereng Merapi agar selalu waspada. Dia mempersilakan warga kembali ke balai desa untuk mengungsi jika Merapi kembali erupsi.

Kondisi terkini Gunung Merapi, Selasa, 22 Mei 2018. (NET)

 

"Misalnya, nanti malam harus turun untuk tidur ke balai desa, nanti kami perintahkan warga" ujar Suroto."Tapi kalau dirasa memang tidak perlu ya tidak mungkin kami minta mereka balik ke balai desa."

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta meningkatkan status Gunung Merapi ke level 2 atau Waspada pada Senin kemarin. 

Peningkatan status dilakukan karena letusan freatik terakhir yang terjadi pada Senin petang selama 3 menit, diikuti dengan gempa tremor. Gempa ini merupakan salah satu indikasi adanya aktivitas vulkanik di Gunung Merapi.

SIGIT PAMUNGKAS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments