hero
Action figure hasil karya Komunitas Paper Replika Indonesia. (MLD SPOT)

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

22 Mei 2018, 10:15 WIB

INDONESIA

Tentunya kita semua tak asing lagi dengan seni melipat kertas yang berasal dari Negeri Sakura Jepang, origami. Ternyata seni melipat kertas atau membuat suatu karya dari kertas itu tak hanya ada di Jepang saja. Di Indonesia juga ada komunitas yang membuat karya tersebut, bahkan dibentuk menjadi berbagai jenis action figure tiga dimensi.
 
Mereka adalah Paper Replika Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Peri Kertas. Komunitas ini bergerak di bidang karya seni yang berbahan dasar kertas, kemudian dibuat menjadi karya tiga dimensi yang kece. Di tangan dingin mereka, kertas dapat diubah menjadi berbagai action figure seperti karakter Disney, Iron Man, Starwars, Transformers, dan lain-lain.

Action figure hasil karya Komunitas Paper Replika Indonesia. (MLD SPOT)

Komunitas berdiri pada tahun 2009. Basis komunitas ini berasal dari website paper-replika.com, lalu dibuatlah komunitas yang bernama Peri Kertas (Paper Replika Indonesia). Komunitas ini memiliki jumlah anggota sebanyak 15 sampai 16 ribu orang yang tersebar di 36 regional di Indonesia.
           
Komunitas Paper Replika Indonesia memiliki beragam kegiatan, baik yang dilakukan secara offline maupun online. Untuk kegiatan online, biasanya mereka berbagi link untuk mengunduh papercraft, juga berbagi tips dan trik bagaimana merakit atau mendesain papercraft secara baik dan benar. Sedangkan kalau aktivitas offline, biasanya mereka membuat workshop di kantor maupun tempat-tempat lain.

Komunitas Paper Replika Indonesia. (MLD SPOT)

Karya besar Peri Kertas dan berhasil mendapatkan rekor Muri adalah papercraft pohon natal setinggi 10 meter yang dikerjakan selama dua minggu. Selain itu, mereka juga pernah membuat project besar yaitu smart city di Japan Indonesia Expo, pada 2014. Bagi mereka, karya tersebut cukup kompleks karena dalam satu landscape ada beberapa pulau, pemusatan kota, area industri, dan lainnya. Di awal  2018 ini, komunitas Peri Kertas juga berhasil membuat gundam setinggi 2 meter.

Action figure hasil karya Komunitas Paper Replika Indonesia. (MLD SPOT)

Buat kamu yang tertarik untuk bergabung dengan komunitas ini, caranya mudah. Kamu bisa download file cara membuat papercraft secara gratis di paper-replika.com, lalu dicetak, dirakit, dan difoto. Foto kemudian di-upload ke komunitas Peri Kertas yang ada di Facebook, lalu tulis nama pembuat papercraft. Dengan begitu, otomatis kamu sudah menjadi member komunitas Peri Kertas.

For more inspiring story, kamu bisa kunjungi www.mldspot.com

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments