hero
(NET/Ginanjar Hanggarawan)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

21 Mei 2018, 20:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Musisi Ahmad Dhani Prasetyo kembali menjalani sidang lanjutan sebagai terdakwa kasus dugaan penyebaran kebencian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin sore. Mengenakan blazer hitam dan berbelangkon warna gelap, Dhani hadir ke pengadilan. Selain didampingi Hendarsam Marantoko selaku kuasa hukumnya, musisi grup band Dewa ini ditemani Abdul Qodir Jaelani, putra ketiganya. 

Ahmad Dhani didampingi putra ketiganya, Abdul Qodir Jaelani menghadiri sidang kasus ujaran kebencian. (NET)

Sidang kali ini mengagendakan pemeriksaan saksi, setelah sebelumnya majelis hakim yang diketuai oleh Hakim Ketua Ratmoho menolak nota keberatan atau eksepsi yang diajukan Ahmad Dhani sebagai terdakwa. Jaksa penuntut umum menghadirkan dua saksi memberatkan, salah satunya adalah pelapor untuk kasus ujaran kebencian ini. Pemeriksaan saksi pertama menghadirkan Sekretaris Jendral Cyber Indonesia Jack Boyd Lapian.

Dalam keterangannya di persidangan, Jack sebagai pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama, merasa tersinggung dengan cuitan sang musisi grup band Dewa di twitter. Cuitan tersebut dinilai tidak pantas diucapkan oleh Dhani sebagai public figur. “Sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa penista agama jadi gubernur kalian waras? Sebetulnya ada banyak sekali perilaku atau kebiasaan ADP yang saya perhatikan di luar dari kebiasaan,” ujar Jack.

Ahmad Dhani didampingi pengacaranya sampai di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. (NET/Ginanjar Hanggarawan)

Dalam kasus ini, jaksa menuntut Dhani dengan Pasal 45 huruf A ayat 2 junto 28 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 Junto UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE junto Pasal 55 ayat 1 KUHP. Lewat pasal berlapis tersebut, Ahmad Dhani terancam hukuman pidana maksimal enam tahun penjara.

GINANJAR HANGGARAWAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments