hero
Presiden Jokowi menyampaikan sambutan pada buka bersama di Istana Negara, Jakarta, Jumat 18 Mei 2018. (SETKAB)

EDITOR : REZA ADITYA

19 Mei 2018, 14:45 WIB

INDONESIA

Presiden Joko Widodo emosi saat meninjau langsung tempat kejadian perkara di tiga gereja yang diserang bom bunuh diri di Surabaya pada Ahad pekan lalu. Fokusnya tertuju pada anak yang disuruh orangtuanya ikut melakukan bom bunuh diri.

"Yang saya ingin garis bawahi adalah betapa kejam dan kejinya ideologi terorisme, sudah membawa anak0anak dalam kancah aksi mereka," ujar Presiden saat buka puasa bersama di Istana Negara, Jumat, 18 Mei 2018.

Presiden Jokowi menyambut kedatangan peserta buka puasa bersama Presiden Jokowi dengan pimpinan lembaga negara, dan menteri Kabinet Kerja, di Istana Negara, Jumat, 18 Mei 2018. (SETKAB)

 

Jokowi, sapaan Joko Widodo, bahkan mengaku melihat jenazah dua anak pelaku bom bunuh diri yang bernama Pamela (12 tahun) dan Fadhila (9 tahun). Dia tak kuat menahan emosinya. 

Sejatinya, kata Presiden, Pamela dan Fadhila adalah seorang anak yang lugu. Mereka berdua idealnya berada di dalam keluarga yang harmonis dengan penuh cinta dan kasih sayang. Ironisnya, mereka sejak kecil sudah didoktrin mati bunuh diri.

"Ini yang harus hati-hati di sini," ujar Presiden. Jokowi berharap ke depannya tidak ada lagi keluarga Indpnesia yang hancur karena ideologi terorisme.

Ilustrasi. (ANTARA)

 

"Pemerintah dengan DPR berusaha sekuat tenaga agar Undang-undang Antiterorisme ini segera kami selesaikan," ujar Jokowi. "Kami rampungkan."

Selain berupaya menyelesaikan revisi UU Terorisme, Presiden juga akan membentuk Komando Pasukan Khusus Gabungan yang berasal dari Kopassus, Marinir dan Pashkhas. Pembentukan Pasukan Khusus Gabungan untuk memberi rasa aman.

"Tetapi dengan catatan, itu dilakukan apabila situasi sudah di luar kapasitas Polri," ujar politikus PDI Perjuangan itu. Artinya, tindakan preventif jauh lebih penting dibandingkan dengan langkah-langkah represif.

SETKAB

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments