hero
Donald Trump dan Kim Jong-un. (AP)

EDITOR : REZA ADITYA

18 Mei 2018, 14:20 WIB

KOREA UTARA

Pemerintah Korea Utara mengancam membatalkan pertemuan sucinya dengan Presiden Amerika Serikat Donald John Trump. Ancaman itu lantaran Korea Utara kesal dengan Amerika Serikat yang masih latihan militer dengan Korea Selatan.

"Amerika Serikat tidak bisa menciptakan atmosfer kedamaian menjelang pertemuan," tulis pernyataan pemerintah Korea Utara seperti dilansir KCNA, Rabu, 16 Mei 2018 waktu setempat. "Latihan perang itu menargetkan kami."

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un (kanan) dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo (kiri) berjabat tangan markas Partai Buruh Korea Utara, di Pyongyang pada 9 Mei 2018. (KCNA)

 

BACA JUGA:


Pemerintah Korea Utara tak senang Korea Selatan masih latihan tempur bersama dengan Amerika Serikat. Menurut mereka, latihan itu sama saja mengancam deklarasi Panmunjom.

Pada 14 Mei 2018 kemarin, Amerika Serikat dan Korea Selatan menjalani latihan tempur udara. Latihan itu disebut juga dengan Max Thunder. Amerika dalam latihan itu mengerahkan sejumlah pesawat siluman dan pengebom.

Usai latihan itu, sedianya Korea Utara dan Korea Selatan akan mengadakan pertemuan tingkat tinggi pada 16 Mei 2018. Namun Pyongyang menarik diri dalam pertemuan itu.

Warga Korea Selatan protes latihan militer udara dengan AS untuk menjaga perdamaian dengan Korea Utara. (USA TODAY)

 

Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Kim Kye-gwan mengeluarkan pernyataan yang senada. Namun kali ini, dia kesal dengan Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton.

Menurut Kye-gwan, Bolton kerap mengeluarkan pernyataan konyol dalam berbagai wawancara di media AS soal Korea Utara. "Kami sangat muak dengannya," ujar Kye-gwan.

Kye-gwan adalah orang dekat pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. Pernyataan Kye-gwan disinyalir telah mendapat restu dari Jong-un.

Menanggapi ancaman batalnya pertemuan fenomenal itu, Trump tetap percaya diri dia bisa bertatap muka dengan Kim Jong-un pada 12 Juni 2018 di Singapura.  

KCNA | AP | BBC

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments