hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

18 Mei 2018, 06:05 WIB

AUSTRALIA

Di Australia, anjing punya peran besar di masyarakat. Bukan hanya sebagai hewan peliharaan tapi juga sebagai pemandu atau Guide Dog. “Pekerjaan” sebagai Guide Dog tidak bisa dilakukan oleh sembarangan anjing. Melainkan khusus anjing yang lahir dan dibesarkan di Guide Dog Breeding Center.

Anjing diwisuda. (NET.CJ/Ahmad Syukri)

Anjing-anjing ini bakal melalui proses seleksi. Mulai dari seleksi fisik sampai yang tidak agresif atau mudah marah. Kemudian ketika menginjak usia 2 bulan, mereka bakal dirawat oleh volunteer selama 12 bulan. Di usia 3 bulan, anjing-anjing tersebut mengikuti pelatihan dasar seperti melihat, mendengar berbagai suara, mengenal perintah dan bersosialisasi dengan anjing lain.

Lalu di usia 14 bulan, mereka akan berpisah dari volunteer dan kembali ke Guide Dog Center. Di sini mereka dilatih untuk percaya diri dan fokus pada tujuan atau perintah. Ada juga pelajaran yang enggak kalah penting nih, yaitu mengenal petunjuk di tempat umum seperti lampu lalu lintas, mengingat tempat dan menolak makanan yang ditemukan sembarangan di jalan.

Anjing diwisuda. (NET.CJ/Ahmad Syukri)

Setelah latihan 5 bulan, para calon Guide Dog harus mengikuti ujian. Yaitu dengan bepergian memakai transportasi umum, berjalan melewati rintangan dan mencari atau mengingat petunjuk. Kalau lulus ujian, mereka bakal diwisuda dan resmi menjadi Guide Dog. Para anjing pemandu pun siap terjun ke lapangan kerja dan membantu orang-orang yang membutuhkan.

Di Australia, kehadiran Guide Dog berperan penting bagi mereka yang tunanetra. Apalagi ada sekitar 357 ribu warga Australia yang kehilangan penglihatannya. Di sisi lain, biaya pelatihan untuk Guide Dog ini tidak sedikit. Kebutuhan biaya pendidikan satu ekor anjing setidaknya menghabiskan AUD35 ribu atau Rp347 juta.

Anjing diwisuda. (NET.CJ/Ahmad Syukri)

Untuk itu, Guide Dog Breeding Center membuka peluang bagi masyarakat yang ingin berdonasi membantu biaya pendidikan anjing-anjing tadi. Dan buat kamu yang ingin menyaksikan uniknya wisuda Anjing Pemandu, kamu bisa datang ke Bligh & Barney Reserve, The Rock, Sydney.

NET.CJ AHMAD SYUKRI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments