hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

18 Mei 2018, 17:05 WIB

YOGYAKARTA, INDONESIA

Ada pemandangan berbeda nih di kawasan Malioboro, Yogyakarta pada Senin, 14 Mei 2018 lalu. Tak seperti biasanya, sebuah mobil panser disiagakan di kawasan tersebut. Bukan untuk antisipasi teror, melainkan dijadikan sebagai tempat 11 pasangan melangsungkan akad nikah. 

Uniknya, semua pasangan ini menggunakan Pancasila sebagai mahar pernikahannya. Pancasila dimaknai sebagai sebuah janji kesetiaan untuk mendidik anak-anak mereka dengan kebhinaekaan yang dimiliki Indonesia.

Peserta nikah massal di Yogyakarta. (NET/Andreas Pamungkas)

"Mas kawinnya cuma pembacaan teks Pancasila sama bendera merah putih. Ini supaya kita bisa membangun keluarga sesuai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika," ujar Arwan Vembrianto, 
peserta nikah massal.

Pasangan yang ikut acara ini ada yang sudah berpacaran dalam waktu lama sebelumnya, namun ada juga yang mendapatkan pasangan dari ajang pencarian jodoh "Golek Garwo". Ajang itu digelar oleh forum Taaruf Sewon, Bantul.

Mobil panser yang digunakan peserta nikah massal di Yogyakarta. (NET/Andreas Pamungkas)

Dalam nikah massal ini, rupanya enggak hanya mental para pengantinya yang digembleng, tapi juga fisik mereka. Para pengantin ini diminta untuk bertanding badminton layaknya atlet Asian Games.

"Kegiatan ini menjadi salah satu tanggung jawab kita bersama para pengantin untuk menggelorkan semangatnya, setelah menikah pengantin harus berolahraga agar sehat jasmani dan rohani, sehingga Insyaallah akan terbina keluarga yang sejahtera dan berpancasila." tutup Ryan Budi Nuryanto selaku Koordinator Acara.

ANDREAS PAMUNGKAS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments