hero
Duit korupsi yang dikembalikan Samadikun. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

17 Mei 2018, 13:35 WIB

INDONESIA

Terpidana korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia untuk penyehatan Bank Modern, Samadikun Hartono, mengembalikan duit hasil korupsinya ke negara. Uang itu dikembalikan cash dalam tumpukan pecahan Rp 100 ribu.

Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Nirwan Nawawi mengatakan total duit yang dikembalikan Samadikun Rp 87 miliar. Itu merupakan pengembalian tahap kedua.

"Ini merupakan pembayaran uang pengganti sesuai dengan keputusan Mahkamah Agung," ujar Nirwan, Kamis, 17 Mei 2018. "Dalam kasus perkara korupsi BLBI."

Duit Samadikun yang dikembalikan ke negara. (NET)

 

Saat ini, tumpukan duit itu sedang dihitung di Gedung Plaza Mandiri, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Nantinya, duit itu akan disetorkan ke kas negara.

Samadikun merupakan bekas Komisaris Utama  Bank Modern. Pada tahun 1998, banknya mendapat kucuran dana bantuan dari Bank Indonesia senilai Rp 2,557 triliun akibat efek krisis moneter.

Taipan itu menyelewengkan sebagian dana bantuan dari BI untuk kepentingan bisnis properti. Hanya sebagian kecil duit bantuan dari BI  digunakan untuk menyehatkan Bank Modern.

Akibatnya, negara dirugikan Rp 169 miliar. Pada tahun 2003, putusan kasasi Mahkamah Agung memvonis Samadikun empat tahun penjara dan harus mengembalikan duit haram yang dikorupsinya.

Duit Samadikun. (NET)

 

Sebelum dieksekusi jaksa, Samadikun kabur ke luar negeri. Selama 13 tahun, konglomerat itu tak diketahui keberadaannya. Hingga pada tahun 2016, Samadikun ditangkap aparat saat sedang menonton F1 di Cina.

Pascapenangkapan itu, Samadikun kemudian dipaksa membayar duit korupsinya kepada negara. Dia mencicil pengembalian duit rasuahnya. Sebelumnya, Samadikun telah mengembalikan Rp 81 miliar duit haram ke negara.

TIM LIPUTAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments