hero
(Magazine)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

1 Juli 2018, 15:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Korea Selatan identik sama artis-artis K-pop dan K-drama yang berkulit putih, tubuh ideal dan pastinya berpenampilan menarik. Tapi model remaja bernama Han Hyun-Min, 16 tahun, membuat gebrakan di dunia hiburan Korea. Model blasteran Korea Selatan-Nigeria ini menjadi model kulit hitam pertama yang tampil di catwalk.

Sejak awal, agensi tempat Han bernaung sudah mengira perjalanan model 16 tahun ini bakal penuh tantangan. Sekarang pun meski Han sudah sering tampil di catwalk dan majalah-majalah fashion, ia tetap mesti menghadapi isu rasisme yang muncul di publik.

“Model kulit hitam seperti Han belum pernah muncul di Korea Selatan. Jadi merekrut dia sebagai bagian dari agensi kami adalah sebuah pertaruhan besar,” kata perwakilan agensi SF, Youn Bum.

 

@iwomansense

A post shared by 한현민 Han Hyun Min (@h_h_m0519) on

Korea Selatan memang dikenal sebagai negara modern, dikelilingi berbagai inovasi teknologi dan budaya pop-kulturnya yang mempengaruhi berbagai negara Asia. Tapi di balik itu, masih ada isu rasisme yang tertanam di masyarakat. Meski semakin banyak imigran dari negara lain, tapi mereka masih jadi minoritas.

Han mengaku sering dipandang aneh di masyarakat. Bahkan seorang nenek pernah bertanya ke dia,”Apa yang kamu lakukan di negara orang lain?” Padahal dia lahir dari seorang ibu dari Korea Selatan dan ayahnya dari Nigeria.

“Dulu kalau saya main sama anak kecil di sekolah lain, ibu-ibu lain meminta anaknya agar menjauh dari saya. Mereka bilang, jangan bermain dengan anak seperti itu,” kata Han. “Saat itu rasanya saya tidak ingin terlihat. Saya benci penampilan saya yang berbeda dibanding teman-teman lain,”

 

@allurekorea

A post shared by 한현민 Han Hyun Min (@h_h_m0519) on

Han kemudian menemukan pelarian dari diskriminasi ini dengan melibatkan diri di dunia fashion. Saat berusia 14 tahun, dia mem-posting fotonya di media sosial. Foto ini pun mendapat perhatian dari agensi milik Youn yang langsung menyetujui Han sebagai model mereka.

Pihak agensi Han juga menilainya sebagai model yang berbakat. Setelah debut pertamanya, Han tampil dalam 30 pertunjukkan di Seoul Fashion Week. Jumlah ini terbilang luar biasa bagi seorang pendatang baru.

“Han memiliki penampilan yang karismatik. Fisik Han memiliki kombinasi menarik antara model Asia dengan model Western,” kata desainer Cho Young-Jae yang memilih Han untuk menampilkan kreasi clothing linenya.

Buat remaja ini, profesi sebagai model tidak hanya menjadi pekerjaan. Tapi membuatnya lebih percaya sama diri sendiri. “Menjadi model membangun rasa percaya diri saya. Sekarang saya bisa lebih enjoy kalau dilihat orang lain. Bukan lagi merasa malu atau dipermalukan,” cerita Han. “Saya ingin menjadi lebih sukses. Bukan hanya untuk diri saya sendiri. Tapi juga menjadi role model bagi orang lain,”

DAILYMAIL

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments