hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

17 Mei 2018, 06:05 WIB

AUSTRALIA

Kalau di Indonesia, profesi sebagai pemetik terung mungkin jadi salah satu pekerjaan yang mendapat penghasilan kecil. Tapi di Australia, lain lagi ceritanya. Meski bukan profesi yang keren, penghasilan yang bisa didapat oleh seorang pemetik terung bisa mencapai Rp1,6 juta.

Salah satu WNI yang memanfaatkan kesempatan ini adalah Ahmad Syukri. Kepada NET. Syukri berbagi kisah pekerjaannya di Negeri Kanguru tersebut. "Di sini saya bekerja sebagai pemetik buah terung dari pukul 7 pagi hingga 3 sore. Untuk upahnya, dihargai sekitar 70 sen untuk satu ember," ujar Ahmad Syukri.

Pemetik terung di Australia. (NET.CJ/ Ahmad Syukri)

Sayangnya, untuk bisa bekerja di Australia bukanlah perkara mudah, karena sangat sulit mendapatkan visa bekerja. Tapi buat yang ingin mencoba ada cara termudah yang bisa dilakukan yaitu dengan mendaftar Working Holiday Visa. 

Setiap tahunnya, Australia mengeluarkan visa khusus ini sebanyak 1.000 orang untuk penduduk Indonesia. Setelah mendapatkan Working Holiday Visa, kita bisa mulai mencari pekerjaan, contohnya di kebun sayur atau buah.

Terung di Australia. (NET.CJ/ Ahmad Syukri)

Tidak perlu tes kepintaran untuk bekerja di perkebunan tersebut, hanya perlu tenaga dan kesiapan untuk bekerja sigap dalam cuaca panas. Seperti di kebun Eggplant atau terung di kota Bowen, Queensland. 

Untuk memetik terung, disini para pekerja diupah 70 sen Australia atau Rp7.320. Besarnya gaji di sini tergantung dari sedikit banyaknya buah terung yang di petik dalam 1 hari. Rata-rata masing-masing pekerja mendapatkan 200-230 ember dengan total pendapatan sekitar Rp 1.464.000- Rp 1.673.000 per hari. 

Pemetik terung di Australia. (NET.CJ/ Ahmad Syukri)

Setelah dipetik, terung tersebut kemudian dibawa oleh Bucket Boy untuk melalui proses pencucian.  Setelah terung dibersihkan, proses selanjutnya adalah packing untuk dijual dan didistribusikan ke seluruh supermarket yang ada di Australia.

NET C.J AHMAD SYUKRI

14

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments