hero

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

15 Mei 2018, 19:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada Kamis, 17 Mei 2018 mendatang. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan keputusan itu berdasarkan sidang isbat di Kantor Kementerian Agama

"Malam hari ini adalah tanggal 30 Syakban dengan demikian maka satu Ramadan jatuh pada Kamis 17 Mei 2018," kata Lukman di kantornya, Jakarta, Selasa, 15 Mei 2018.

Sebelumnya Menag telah menerima paparan posisi hilal dari pemantau di 32 provinsi. Metode yang digunakan pemerintah adalah rukyat dengan melihat posisi hilal. "Posisi hilal di bawah ufuk," kata Lukman.

Kemudian, dari pelaku Rukyatul Hilal yang tersebar di 95 titik di Indonesia, hingga Isbat tadi berlangsung Kemenag menerima laporan kesaksian dari 32 pelaku rukyatul hilal.

"Dari 32 yang melaporkan tidak satupun yang berhasil melihat hilal. Maka dengan dua hal tadi perhitungan hisab dan hasil rukyatul hilal yang tidak melihat hilal, sebagaimana ketentuan selama ini yang kita pegangi, sebagaimana fatwa MUI maka bulan Syakban saat ini kita sempurnakan dengan cara istikmal menjadi 30 hari," jelas Lukman.

TIM LIPUTAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments