hero
(BNPB)

EDITOR : REZA ADITYA

11 Mei 2018, 10:30 WIB

JAWA TENGAH, INDONESIA

Gunung Merapi yang terletak di Kabupaten Klaten, Magelang, Boyolali, dan Sleman meletus freatik pada Jumat, 11 Mei 2018. Gunung yang terletak di bagian tengah pulau Jawa itu bergemuruh dan mengeluarkan erupsi pukul 07.32 WIB.

"Letusan degan tekanan sedang hingga kuat dan tinggi kolom 5.500 meter dari puncak kawah," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho, Jumat, 11 Mei 2018.

Gunung Merapi. (BNPB)

 

Sutopo mengatakan letusan berlangsung tiba-tiba. Jenis letusan adalah freatik yang terjadi akibat dorogan tekanan uap air di bawah kawah Gunung Merapi.

"Jenis letusan ini tidak berbahaya dan dapat terjadi kapa saja pada gunung api aktif," ujar Sutopo. "Biasanya letusan hanya berlangsung sesaat. Gunung Merapi sebelumnya pernah terjadi letusan freatik."

Menurut Sutopo, status Gunung Merapi hingga saat ini masih tetap normal (Level I) dengan radius berbahayanya adalah 3 kilometer dari puncak kawah. "PVMBG tiddak menaikkan status Gunung Merapi dan masih terus memantau."

Gunung Merapi. (BNPB)

 

Sutopo mengimbau masyarakat tetap tenang. "Belum ada laporan korban jiwa. BPBD dan aparat masih melakukan pemantauan dan telah menginstruksikan masyarakat yang tinggal dalam radius 5 KM evakuasi."

Para pendaku Gunung Merapi, kata Sutopo, juga diimbau mengikuti rekomendasi dan tidak memaksakan diri mendekat puncak kawah. Laporan sementara, ada 120 pendaki mendekati Pasar Bubrah. "Kondisinya semua selamat," ujar Sutopo.


TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments