hero
Kim Jong-un (kiri) dan Presiden AS Trump (kanan). (AP)

EDITOR : REZA ADITYA

11 Mei 2018, 17:40 WIB

SINGAPURA

Presiden Amerika Serikat Donald John Trump mengumumkan waktu dan tempat pertemuannya dengan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. Kedua pemimpin negara itu akan menggelar pertemuan di Singapura.

"Waktu pertemuan pada 12 Juni 2018," kata Trump, dalam unggahan Twitter, Kamis, 10 Mei 2018 waktu setempat. "Kami berdua akan membuat momen spesial demi perdamaian dunia."

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memberikan pernyataan tentang Suriah di Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat. (ANTARA-REUTERS)

 

BACA JUGA:

Belum diketahui alasan dipilihnya Singapura sebagai tempat pertemuan Jong-un dan Trump. Sebelumnya, sejumlah negara berlomba-lomba menawarkan diri sebagai tempat pertemuan dua pemimpin negara fenomenal itu.

Salah satunya adalah Indonesia. Presiden Joko Widodo bahkan secara terbuka menyampaikan keinginannya menjadi tuan rumah pertemuan bersejarah itu.

Namun keputusan berkata lain. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo memutuskan pertemuan kedua tokoh besar itu di Negeri Singa.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjabat tangan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo, Rabu. 9 Mei 2018. (KCNA)

 

Pada pertemuan nanti, ada banyak isu yang akan dibahas. Salah satunya adalah mengenai denuklirisasi. Selain itu, Trump juga berjanji akan meningkatkan perdamaian dan keamanan di Semenanjung Korea.

Jong-un akhirnya luluh dan ingin bertemu dengan Trump. Padahal sebelumnya, Jong-un selalu mengejek politikus Partai Republik AS itu dengan makian kasar.

THE GUARDIAN | TWITTER | BBC 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments