hero
(AFP EAST NEWS)

EDITOR : RIKHA INDRIASWARI

20 April 2018, 15:00 WIB

CINA

Cina merupakan negara dengan penduduk terbanyak di dunia, yaitu sekitar 1,4 miliar orang bermukim di sana. Selain dikenal dari kekuatan ekonominya yang terus berkembang pesat, kebijakan politik, dan aturannya yang unik, Cina juga dikenal dengan ciri khas penduduknya. Berikut ini beberapa kebiasaan warga Cina sehari-hari dilansir dari Brightside.

1Jarang mengundang tamu ke rumah

Warga di Cina lebih memilih bertemu di restoran daripada mengundang tamu ke rumah. (BRIGHTSIDE)

Warga Cina biasanya jarang mengajak teman atau rekan berkumpul di rumah mereka dan lebih memilih melakukannya di restoran. Dalam budaya mereka, siapa yang mengundang dialah yang membayar. Dan nantinya teman-teman mereka akan bergantian melakukan hal yang sama. 

2Banyak rumah enggak ada toiletnya

Banyak rumah enggak ada toiletnya, adanya toilet umum yang dilengkapi televisi. (BRIGHTSIDE)

Selain gedung-gedung apartemen, banyak juga rumah-rumah satu tingkat yang menjadi tempat tinggal warga di Cina. Biasanya bangunan rumah mereka sangat sederhana. Bahkan letak kamar mandinya ada di luar rumah dan biasanya enggak punya shower dan toilet khusus. 

3Enggak ada toilet duduk

Enggak ada toilet duduk. (BRIGHTSIDE)

Kalaupun kamu menemukan toilet terpisah di rumah warga Cina, jangan harap yang kamu dapati adalah kloset duduk ya. Di Cina, warga lebih memilih membangun kloset jongkok karena dianggap lebih sehat untuk pencernaan ketimbang kloset duduk. 

4Lebih pilih pakai keran

Lebih pilih pakai keran. (KAROBARDAILY)

Di Cina, bathup cuma ada di hotel-hotel mewah atau rumah orang-orang yang sangat kaya. Biasanya, kamar mandi warga Cina lebih banyak menggunakan keran untuk air yang kemudian ditampung di ember untuk mandi. 

5Ukuran dapur sangat kecil

Ukuran dapur sangat kecil. (PAULANDBERNICENOLL)

Biasanya ukuran dapur di rumah warga Cina tergolong sangat kecil. Hanya untuk bak cuci piring, beberapa lemari penyimpan, dan kompor.

Warga Cina juga tidak menggunakan gas terpusat untuk suplai gas kompor. Tetapi masih memakai tabung gas yang disimpan di dapur setiap saat. 

6Harga penginapan mahal

Harga penginapan mahal. (BRIGHTSIDE)

Di Cina, harga sewa penginapan atau tempat tinggal sementara termasuk tinggi, yaitu sekitar Rp 2-3 juta per bulannya. Di Shanghai, harga sewa kamar berukuran kecil bisa mencapai Rp 7-8 jutaan. Sementara, kamar apartemen yang bagus bisa dipatok harga Rp 30jutaan per bulannya. 

7Rumah baru dibuat tanpa kaca jendela

Apartemen dan rumah baru dibuat tanpa kaca jendela. (ELIZABETH DALZIEL)

Kalau kamu membeli apartemen atau rumah baru di Cina, jangan kaget kalau jendela di sana bolong-bolong semua ya, Kamu memang harus memasang sendiri kaca jendela rumahmu. Enggak heran banyak gedung apartemen di Cina yang jendelanya hanya ditutupi kain saja. 

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments