hero
(NET/Nasruddin Zaelany)

EDITOR : FEBRY ARIFMAWAN

20 April 2018, 14:05 WIB

SULAWESI SELATAN, INDONESIA

Pernikahan dini dua pelajar di Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan masih memantik kontroversi. Meski sudah mendapatkan dispensasi nikah dari Pengadilan Agama setempat, namun keduanya belum dinikahkan secara resmi, lantaran masih menunggu dispensasi dari Camat Bantaeng. Dispensasi Camat ini merupakan syarat untuk mendapatkan buku nikah dan catatan sipil.

BACA JUGA:
Kontroversi Anak SMP Bantaeng Kebelet Nikah, Begini Kronologinya
Pemerintah Kabupaten Bantaeng Menyikapi Bocah SMP Kebelet Nikah
Bocah Bantaeng Ngebet Nikah, Ini 5 Risikonya dari Sisi Medis

Keluarga mengaku terpaksa menikahkan Fitra dengan Syamsuddin lantaran mencemaskan pergaulan kedua pelajar tersebut yang ditakutkan berujung pada aib keluarga. Perkenalan Syamsuddin dan Fitra pun mengikuti tren anak muda, yaitu lewat jejaring pertemanan di sosial media, facebook. 

Kediaman keluarga Fitra, bocah perempuan Bantaeng yang akan menikah dini. (NET/Nasruddin Zaelany)

 “Ketemu di facebook, sama sama mau, lalu berbicara dengan keluarga, dan dilamar, terus dilangsungkan pesta,” ujar Nurlina, tante Fitra, yang ditemui Nasruddin Zaelany dari NET di kediaman keluarga Fitra di Kecamatan Bantaeng, Kabupaten  Bantaeng, Sulawesi Selatan.

Nurlina juga bercerita seperti apa pergaulan yang mencemaskan keluarga mereka. “Malam (keduanya) biasa pergi ke pantai, itu alasannya. Sering ketemuan di pantai,” ujar Nurlina.

Nurlina, tante Fitra, bocah Bantaeng yang akan menikah dini. (NET/Nasruddin Zaelany)

Enam bulan Fitra dan Syamsuddin terlihat sering bersama, akhirnya keluarga Fitra bermusyawarah dengan keluarga Syamsuddin. Kedua keluarga sepakat untuk membuat acara lamaran dan melangsungkan pesta pernikahan 1 Maret 2018 lalu.

Kini, Fitra dan Syamsuddin tinggal menanti Camat Bantaeng menandatangani surat dispensasi dan KUA akan menikahkan keduanya sehingga sah sebagai pasangan suami istri. 

NASRUDDIN ZAELANY

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments