hero
(Life Hacker)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

19 April 2018, 17:05 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pasti banyak kan di antara kamu yang pengen punya mobil sendiri? Apalagi kalau sudah punya gaji. Duh, makin enggak sabar deh. Tapi sebaiknya kamu enggak asal beli ya. Berikut beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum beli mobil:

1. PIKIRKAN NILAI JUAL MOBIL

(Brightside)

Kamu tentu enggak tahu apakah mobil yang dibeli bakal awet atau bakal dijual suatu saat nanti? Jadi, penting buat memikirkan nilai jual mobil. Kamu bisa mempertimbangkan dari segi merek, warna dan spesifikasi mesinnya.

2. KETAHUI BIAYA PERAWATAN MOBIL

(Brightside)

Asuransi, servis bulanan, cicilan dan biaya lain bakal jadi tanggungan kamu setelah punya mobil. Jangan sampai biaya ini terlalu membebani kantong kamu dan keluarga. Setidaknya biaya kebutuhan mobil hanya 15% dari pendapatan.

3. HINDARI AKSESORI YANG ENGGAK PENTING

(Brightside)

Mau sound system kece dalam mobil atau tambahan ashtray? Well guys, think again about it. Kamu enggak perlu beli barang yang enggak penting buat di mobil. Dari pada barang seperti itu, lebih baik kamu melengkapi kendaraan dengan perlengkapan keamanan seperti air bag tambahan.

4. SESUAIKAN KEBUTUHAN

(Brightside)

Buat yang sudah berkeluarga mungkin butuh mobil yang lebih besar. Sementara yang masih single dan belum punya garasi sendiri, lebih memilih mobil berukuran kecil. Selain itu, sesuaikan juga sama medan yang bakal sering dilalui. Kalau tinggal di kota, bisa memakai mobil city car. Sementara kalau buat dipakai di medan sulit, lebih sesuai mobil four wheel. Jadi pilih yang sesuai sama kebutuhan kamu.

5. JANGAN TERBUAI OMONGAN SALES

(Brightside)

Kalau datang ke dealer, tentu kamu bakal ditawarkan ini itu tentang kelebihan mobil yang mereka jual. Tapi sebaiknya jangan langsung luluh ya. Kamu juga mesti cari info lain tentang mobil yang kamu incar. 

Misalnya dengan tanya ke teman yang sudah lebih dulu punya atau lihat review di media sosial. Sebelum beli, pastikan juga kamu melakukan test drive ya.

6. BELI DI WAKTU YANG TEPAT

(Brightside)

Sebaiknya kamu enggak terburu-buru membeli mobil. Jadi, santai saja biar kamu tahu lebih banyak tentang mobil yang diincar.

Terus, cek juga kalau ada pameran otomotif di tempat kamu. Biasanya para dealer menawarkan harga lebih murah dari biasanya. Jangan lupa buat menawar harga ya, biar kantong kamu enggak langsung jebol.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments